logo

Sejumlah Sekolah Di Depok Terapkan Program E-Sabak

Sejumlah Sekolah Di Depok Terapkan Program E-Sabak

Tampilan progtam e-Sabak di perangkat tablet
11 September 2019 23:55 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Dunia pendidikan semakin mudah diakses seiring kemajuan teknologi informasi. Para praktisi teknologi informasi pun terus mengembangkan program pembelajaran berbasis teknologi,

Di Kota Depok, Jawa Barat, sejumlah sekolah telah memanfaatkan program e-Sabak. Penggagas sekaligus pembuat e Sabak Chiptec Smart Learning Ansarullah Yasin mengatakan pogram E-Sabak adalah proses pembelajaran menggunakan tablet.

Dalam penjelasannya kepada pers di Kota Depok, Rabu (11/9/2019), Ansarullah mengatakan bahwa dirinya yakin program ini bakal mampu mengurangi biaya kebutuhan para siswa akan buku, karena program e-Sabak, selain lebih murah, juga tetap memiliki kualitas.

Saat ini, ujarnya, program telah mulai dicoba pada SMA. Untuk ke depannya, penerapan program ini dimulai dari daerah-daerah terpencil. “Pada fase ini, kita fokus pada daerah-daerah yang tertinggal," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ketimpangan akses pendidikan dapat dikurangi dengan penerapan konsep 3T yang meliputi terdepan, terluar, dan tertinggal. Oleh sebab itu, tuturnya, dia berharap model pendidikan e-Sabak ini segera diterapkan menyeluruh dan masuk kurikulum masa datang.

“Program ini sekaligus menjawab tantangan kebutuhan tenaga kerja praktis dan mengembangkan model pendidikan terbuka.” ujarnya.

Program e-Sabak, tuturnya, merupakan sarana anak belajar aktif kreatif memakai tablet android dalam kurikulum edukatif plus ketrampilan hidup.

Alhasil, siswa bisa belajar kapan-dimana-siapa pun atau biasa disebut homeschooling dimana siswa bersangkutan bisa mengikuti ujian sekolah lokal dan nasional melalui sekolah negeri terdekat baik tingkat SD, SMP, dan SMA.

“Penggunaan teknologi membawa dunia pendidikan lebih cepat dan lebih maju. Masalah kurikulum,” ucapnya.***

Editor : Azhari Nasution