logo

Wiranto: Pembibitan Atlet Bulutangkis Berhenti Saya Mundur Dari PBSI

Wiranto: Pembibitan Atlet Bulutangkis Berhenti Saya Mundur Dari PBSI

Foto: Dok PBSI.
11 September 2019 17:59 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Wiranto mengancam akan mundur sebagai Ketua Umum PP PBSI bila pembibitan atlet bulutangkis berhenti sesuai keinginan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Ia memperkirakan prestasi bulutangkis Indonesia akan terpuruk lima tahun ke depan bila itu benar-benar terjadi.

Wiranto menegaskan hal ini di sela-sela jumpa pers Yuzu Indonesia Masters 2019 yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Kendati dirinya orang pemerintahan, namun ia sangat menyayangkan konflik yang terjadi antara KPAI dan pihak Djarum Fondation tentang eksploitasi anak di ajang pencarian bakat audisi bulutangkis PB Djarum.

“Sekarang hanya bulutangkis yang konsisten mencetak atlet berprestasi dengan pembibitan atlet yang sudah berjalan dengan baik. Kalau system pembinaan seperti itu dianggap salah, ya habis. Lima tahun ke depan bulutangkis hancur,” kata Wiranto.

Wiranto menegaskan, KPAI harus dapat membedakan mana eksploitasi anak dan mana pembibitan atlet. Di bulutangkis ini tidak ada yang memaksa anak untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Mereka adalah orang-orang mampu yang punya anak dengan cita-cita tinggi.

“Audisi bulutangkis itu adalah ajang penjaringan bakat. Mereka yang terpilih itu dibina untuk menjadi atlet berprestasi dunia. Tapi saya yakin suatu saat nanti pasti ada penyelesaiannya,” kata Wiranto. ***