logo

Kekeringan, Pemkab Sleman Siapkan 300 Tanki Air Bersih

 Kekeringan, Pemkab Sleman Siapkan 300 Tanki Air Bersih

Foto Istimewa
11 September 2019 13:26 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SLEMAN: Mengatasi kekeringan tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, DIY, telah menyiapkan 300 tanki air bersih. Wilayah yang masih terus mengalami kekeringan, antara lain Kecamatan Prambanan. Untuk itu, jika ada masyarakat yang membutuhkan, Pemkab akan segera melakukan droping air bersih.

“Sampai saat ini kawasan Prambanan masih mengalami kekeringan,” kata ketua pelaksana Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Joko Supriyanto, di Dusun Kikis, Sambirejo, Prambanan, Selasa (10/9/2019).

Menurut Joko, droping air bersih ke Kikis, Sambirejo, merupakan yang pertama di musim kemarau. Bantuan air ditampung di bak tandon berkapasitas 18 meter kubik. Air itu kelak akan digunakan oleh 248 Kepala Keluarga (KK). Selain Desa Sambirejo, daerah lain di Prambanan yang mengalami kekeringan adalah Pulerejo, Desa Gayamharjo.

Dijelaskan, sebanyak 300 tanki air bersih dinilai cukup untuk mengatasi kekeringan di Prambanan. Apalagi akan ada bantuan tambahan dari instansi lain. Tercatat sudah ada 30 tanki air bersih yang disalurkan pihak swasta.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, menyebut selain bantuan air bersih, Pemkab juga memberikan bantuan pompa dan peralatan pendukung lain. Diharapkan dengan bantuan ini bencana kekeringan tidak lagi terjadi saat musim kemarau.

“Langkah lain dalam mengatasi kesulitanair bersih, adalah dengan membuat bak tandon untuk menampung air hujan," katanya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto