logo

Famtrip Filipina ke Labuan Bajo - Bali, Kemenpar Bidik Pasar Filipina

Famtrip Filipina ke Labuan Bajo - Bali, Kemenpar Bidik Pasar Filipina

10 September 2019 17:42 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - LABUAN BAJO: Guna meningkatkan kunjungan wisatawan Filipina ke Indonesia, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak Travel Agent (TA) dan Media Filipina untuk mengunjungi Labuan Bajo dan Bali. Agenda yang dikemas dalam bentuk Familiarization Trip atau Famtrip ini diikuti 10 peserta dan berlangsung sejak 9 September sampai 15 September 2019. Tujuan famtrip ini sendiri untuk memperkenalkan dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia, dalam hal ini khususnya Labuan Bajo dan Bali. 

Selain mempromosikan, famtrip juga bertujuan mengenali potensi kerjasama industri pariwisata antar negara dalam upaya memenuhi target kunjungan 280.000 wisatawan Filipina ke Indonesia khususnya destinasi super prioritas. Di sini tujuan famtrip lebih spesifiknya adalah Memperkenalkan Travel Agencies dari Filipina dengan wisata Indonesia dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Selain itu famtrip juga diharapkan bisa membuka jaringan antar budaya nasional dengan internasional untuk bisa mendapatkan akses menuju pasar global.

Di hari pertama, Senin (9/9), setibanya di bandara Bali, wajah sumringah tampak dari peserta famtrip Filipina, seperti jonatahan M Sarmiento (Go J's One Travel and Tours), Ma Charmine Ayona (WNDRLST Tours and  Ticketing Service),Roda Regaldo (SN Travel House and Tours), Melencio Tan (Travels Express and Tours), Heloise (Giles Travel), Christine (MarVentures), Elenetia Sita Rita (Global Vista Tours and Travel), Anna Apuntar (Philquest Adventours and Travel), Gresencia (Travel Lovin and Tours Inc) dan Dadang Effendy Syamsudin dari KBRI Manila). Mereka kemudian melanjutkan penerbangan ke Labuan Bajo dan tiba sore hari langsung chek in di Bintang Flores Hotel. Keceriaan tampak saat dinner di Atlantis by the Beach Restaurant. Mereka tampak tak sabar ingin segera menjelajahi destinasi di Labuan Bajo.

Esoknya, di hari kedua (10/9), di pagi buta sekitar pukul 5.30, dengan penuh semangat peserta pun bersiap menjelajahi antara lain Padar Island, Rinca Island, dan Pink Beach. Di sini peserta berkesempatan mengeskplore keindahan dalam laut dengan bersnorkeling. Di sini keindahan laut Labuan Bajo bisa dinikmati peserta famtrip.

"Kami sangat mendukung kegiatan famtrip ini. Kami berharap kegiatan ini berdampak positif bagi pariwisata Labuan Bajo. Terlebih yang berkunjung ini merupakan Travel Agen Filipina yang nantinya bakal mempromosikan pariwisata Labuan Bajo di negara mereka," kata Kepala Divisi Pemasaran Mancanegara Badan Otorita Labuan Bajo Flores, Raisa Lestari Niloperbowo, Selasa (10/9).

Menurut Raisa umumnya, yang pertama kali terlintas di benak travellers ketika tiba di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur adalah melihat komodo secara langsung. Meski aktivitas tersebut merupakan hal wajib yang harus dilakukan ketika berada di Labuan Bajo, tetapi obyek wisata di Labuan Bajo tak hanya melihat komodo saja. Setidaknya, ada sejumlah wisata di sekitar Labuan Bajo yang sudah menunggu, selain tentunya yang telah dikunjungi peserta famtrip.

Selain melakukan kunjungan ke destinasi wisata, peserta famtrip juga berkesempatan melakukan interaksi langsung dengan pelaku industri pariwisata di Labuan Bajo. "Bisnis Gathering ini sangat penting untuk mereka. Dengan acara ini mereka bisa saling berkomunikasi dan mendapatkan koneksi baru buat mereka untuk selanjutnya saling bekerjasama," kata Raisa.

Di hari ketiga, Rabu (11/9),  kegiatan lebih banyak dilakukan di hotel Bintang Flores. Selain melakukan bisnis gathering dengan pelaku industri pariwisata lokal, peserta famtrip juga berkesempatan melakukan inspeksi di hotel. Ini semua tak lain untuk kegiatan promosi ke pasar mereka. Dengan kegiatan ini diharapkan mereka punya gambaran untuk menjelaskan ke konsumen mereka.

Selain di Labuan Bajo, famtrip Filipina juga bakal berkunjung ke Bali di hari keempat dan lima. Di antara yang bakal dikunjungi yakni Garuda Wisnu Kencana Park.