logo

Sukses Besar, ICTF 2019 Diserbu Publik New Zealand

Sukses Besar, ICTF 2019 Diserbu Publik New Zealand

10 September 2019 10:33 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - SELANDIA BARU: Respon besar ditunjukan New Zealand terhadap pariwisata Indonesia. Event Indonesia Cultural & Tourism Festival (ICTF) 2019 pun sukses besar. Publik Negeri Kiwi menyerbu kegiatan ini. 

Edisi 2 ICTW 2019 diinisiasi Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) New Zealand. Kegiatan ini digelar Sabtu (7/9). Lokasinya di The Grange Theatre, Middleton Grange School, 30 Acacia Ave, Upper Riccarton, Christchurch, New Zealand. 250 Lembar tiket yang dijual, sold out.
 
“Respons publik New Zealand sangat besar. Beragam program yang ditawarkan pariwisata Indonesia selalu ramai diserbu pengunjung. Selain menikmati kemeriahan, mereka juga aktif menggali berbagai informasi mengenai destinasi wisata Indonesia,” ujar Ketua Penyelenggara Panggah Tri Wicaksono.
 
ICTW diawali dengan Expo. Ada Booth Tourism, Cultural, Batik, Culinary, dan Photo. Ketua GenWI New Zealand Muhammad Ibnu Khaldun Sitompul mengatakan, informasi seputar destinasi di Indonesia terserap optimal di New Zealand.
 
“Kami mendisplay beberapa destinasi Indonesia. Semuanya dikemas menarik. Strategi ini pun berhasil. Tiket yang ditawarkan sold out dan pengunjungnya ramai. Informasi seputar destinasi wisata Indonesia pun tersampaikan dengan baik. Apalagi, mereka sangat aktif menggali informasi yang disampaikan,” kata Ibnu.
 
Selain Expo, ICTW 2019 juga menampilkan aksi Theatre. Komposisinya terdiri dari Marpangir Dance, Ondel-Ondel, dan Giring-Giring. Ada juga tarian asal Papua yang dibawakan oleh anak-anak hingga lagu tradisional daerah. 

Staff Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kemenpar Don Kardono mengungkapkan, nuansa tradisional nusantara memiliki segmentasi pasar besar di New Zealand.
 
“Masyarakat New Zealand sangat menyukai nuansa tradisional Indonesia. Selain alam, Indonesia sangat terkenal dengan budayanya yang adiluhung. Kekayaan inilah yang membuat Indonesia menjelma jadi destinasi wisata kelas dunia. Bahkan, posisi wisata halal Indonesia berada pada urutan nomor 1 dunia,” ungkap Don.
 
Kekayaan dan eksotisnya nusantara ditampil di ICTW 2019 lewat video. Ada beberapa destinasi yang ditampilkan. Seperti Sumatera Barat, Jakarta, Tanjung Puting, dan Wakatobi. 
 
“Indonesia memiliki banyak destinasi menarik. Karakternya tentu berbeda-beda. Untuk itu, kami pun mengundang masyarakat New Zealand untuk datang dan melihat langsung keunikannya. Destinasi itu pun diperkuat dengan atraksi dan amenitas terbaik,” tegas Don lagi.
 
Beragam kuliner nusantara pun disajikan di ICTW. Komposisi menu makan siang ini terdiri dari Rendang, Ayam, Bakwan, Tahu, dan Sayuran. Disajikan juga Kue Lumpur, Pastel, dan Kopi Indonesia. Pesta ICTW 2019 semakin menarik dengan doorprize voucher travel senilai NZD 300.
 
“Kami ucapkan terima kasih kepada GenWI New Zealand. Sebab, mereka aktif membranding destinasi Indonesia di sana. Dan, New Zealand ini pasar yang sangat menjanjikan bagi pariwisata Indonesia. Arus masuk wisatawan asal New Zealand sangat kompetitif. Dengan program ICTW 2019, mereka semakin dekat dan mengenal Indonesia,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik ASEAN.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto