logo

Pembentukan Kampung KB Di Depok Implementasi Perda Ketahanan Keluarga

Pembentukan Kampung KB Di Depok Implementasi Perda Ketahanan Keluarga

Wali Kota Depok Mohammad Idris meresmikan kampung KB di Tanah Baru
09 September 2019 22:22 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Pembentukan kampung keluarga berencana (KB), yang didorong terus bertambah jumlahnya di Kota Depok, Jawa Barat, tidak semata untuk mengendalikan pertambahan jumlah penduduk, tapi juga untuk melaksanakan Peraturan Daerah (Perda) No. 9 Tahun 2017 tentang Ketahanan Keluarga.

"Tahun 2018 lalu sudah terbentuk 63 kampung KB, tahun ini harus terbentuk 63 lagi, dan tahun depan 63 lagi," ujar Wali Kota.

Dalam kampung KB, tuturnya, setiap keluarga diharapkan menjalankan delapan fungsi sebagaimana ditentukan dalam Perda Ketahanan Keluarga. Delapan fungsi dalam keluarga antara lain fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, serta pelestarian lingkungan.

“Jadi, Kampung KB bukan hanya berkaitan dengan pengendalian jumlah penduduk. Tetapi, pembentukan kampung ini guna menjalankan fungsi-fungsi keluarga demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Camat Beji Anis Fatoni, yang ditemui seusai acara, mengatakan enam kampung KB baru akan terbentuk di wilayahnya pada tahun ini. Dengan penambahan tersebut, Kecamatan Beji menggenapi 12 kampung KB yang telah dimiliki, setelah pada tahun 2018 sudah terbentuk 6 kampung KB.

Penambahan kampung KB, tuturnya, dilakukan karena berdampak positif bagi masyarakat. Sementara masyarakat pun, ujarnya,  mendukung pembentukan kampung KB

Kampung KB di Kecamatan Beji antara lain Kelurahan  Pondok Cina bertempat di RW 06 dan 05, Kemiri Muka di  RW 17 dan 09,  Beji di RW 14 dan 01, Kukusan di RW 08 dan 01,  Beji Timur RW 06 dan 02, dan Tanah Baru RW 02 dan 01. Pada September ini, kata Anis, 12 Kampung KB akan rampung dibentuk.

“Target kita September harus sudah terbentuk dan diresmikan. Amanahnya untuk membuat 1 Kampung KB lagi di masing-masing kelurahan. Alhamdulillah, secara bertahap kita bisa mewujudkannya,” ucapnya.***

Editor : Yon Parjiyono