logo

Konser Akbar Monas Musik Klasik Kelas Dunia Meriah

Konser Akbar Monas Musik Klasik Kelas Dunia Meriah

Penonton antusias menyaksikan konser akbar Monas musik kelas internasional, Minggu (8/9/2019).
09 September 2019 14:01 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Konser Akbar Monas 2019 berlangsung meriah. Belasan ribu penonton memadati area Lapangan Silang Tenggara Monas, Jakarta Pusat, untuk menikmati keindahan musik klasik karya maestro dunia yang ditampilkan oleh Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) dan Jakarta Oratorio Society (JOS).

Keduanya juga merupakan penyelenggara konser ruang terbuka yang diselenggarakan pada Minggu malam (8/9/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang membuka konser musik klasik outdoor itu mengaku sangat terkesan dengan penampilan para pemain instrumen yang diarahkan oleh konduktor kondang, Stephen Tong serta konduktor berkelas dunia, Yahya Ling.

"Orkestranya sendiri impresif dan kita menyaksikan pemain dan dirigen kelas dunia, putra putri bangsa, yang bukan saja menjadi tuan rumah di negeri sendiri melainkan juga tamu mempesona di negeri orang,” kata Gubernur usai melihat konser.

Anies berharap agar konser musik serupa berkelas internasional dapat terus digelar secara berkala di Jakarta dan dapat dinikmati siapa saja, salah satunya musik klasik. Sehingga nantinya Jakarta dapat menjadi tempat bertumbuhnya musik klasik dunia.

“Kita berharap ini konser berkelas internasional dapat diselenggarakan rutin apalagi konser ini dilakukan terbuka serta gratis, Jakarta harus bisa menjadi salah satu tempat orkestra yang dikenal di level global, sehingga Jakarta jadi tempat tumbuhnya seni dan budaya, dan ini awal yang baik,” ucapnya.

Pengembangan ekosistem kesenian dan kebudayaan di Ibu Kota menjadi salah satu hal yang patut mendapat perhatian. Maka dari itu Gubernur Anies menegaskan langkah Pemprov DKI Jakarta yang siap mendukung kegiatan tersebut, salah satunya dengan menghadirkan panggung-panggung kesenian yang dapat dinikmati semua kalangan secara gratis.

"Sebagai kota global, Jakarta harus menjadi ekosistem yang baik bagi seluruh seniman untuk tumbuh dan berkembang, dan kami di Pemprov DKI akan selalu mendukung kegiatan tersebut,” tuturnya lagi.

Penyelenggaraan konser rakyat seperti ini sesuai dengan pendekatan City 4.0, dimana pemerintah kota bergerak menjadi fasilitator dan kolaborator, sedangkan setiap elemen warga berperan aktif sebagai partisipan dan ko-kreator dalam berbagai aspek pengelolaan kota.

Lokasi konser di ruang terbuka juga mencerminkan pemanfaatan ruang ketiga sebagai wadah bagi warga untuk mengekspresikan dan menikmati hiburan seni dan budaya. Konser bertajuk “Jakarta Bersorak” itu menampilkan karya Wolfgang Amadeus Mozart, Strauss, Franz von Suppé, Gioachino Antonio Rossini, dan Ludwig van Beethoven.

Pertunjukan musik klasik di ruang terbuka seperti ini telah menjadi populer di dunia, seperti di Central Park, New York; Waldbuhne, Jerman; Piazza Duomo, Milan; Trafalgar Square, London; Taman Istana Schönbrunn, Vienna; dan Odeon of Herodes Atticus, Athena.

Editor : Yon Parjiyono