logo

Iriana Joko Widodo Dan Mufidah Jusuf Kalla Hadiri Penutupan Pelatihan Guru PAUD

Iriana Joko Widodo Dan Mufidah Jusuf Kalla Hadiri Penutupan Pelatihan Guru PAUD

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla menghadiri penutupan Pelatihan Guru PAUD se-Jawa Tengah
05 September 2019 16:35 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla menghadiri penutupan Pelatihan Guru PAUD se-Jawa Tengah di Gedung Graha Saba Buana, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (5/9/2019). Kedatangan ibu negara tersebut juga didampingi rombongan istri-istri menteri kabinet kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Dalam pelatihan yang diikuti 1.200 guru PAUD se- Jawa Tengah tersebut, Iriana dan Mufidah Jusuf Kalla sempat melakukan dialog interaktif dengan peserta pelatihan.

"Apa yang akan dilakukan dalam mendidikan anak-anak setelah mengikuti pelatihan selama tiga hari ini?," tanya Mufidah Jusuf Kalla kepada salah satu guru PAUD.

Salah satu peserta pelatihan, Yekti dari salah satu PAUD di Boyolali menjawab dirinya akan menerapkan hasil pelatihan tersebut kepada anak didiknya.

"Kalau dulu masih sering marah-marah menghadapi anak-anak. Tetapi melalui pelatihan ini, ternyata untuk menghadapi anak-anak butuh kesabaran. Ternyata Guru TK harus penuh cinta," katanya.

Dalam dialog tersebut, Iriana menambahkan pertanyaan apa yang harus dilakukan untuk mencegah stunting. Tanpa ragu, Yekti menjawab dengan memberikan makanan bergizi.

Pada kesempatan itu, Iriana juga membagi-bagikan hadiah berupa sepeda kepada pemenang lomba. Sementara itu, Ketua Umum OASE, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pendidikan bagi guru PAUD. Ada lima hal yang ditekankan Erni, yakni pendidikan karakter parenting.

"Yang kedua adalah kesehatan keluarga, misalnya mencuci tangan, mencegah stunting, dan deteksi dini kanker serviks dan payudara," jelasnya.

Selanjutnya adalah masalah sosial budaya, lingkungan bersih dan lingkungan hijau. Selama dua hari pelatihan, ribuan guru PAUD tersebut mendapatkan sejumlah materi.

"Seperti pendidikan karakter, pencegahan masalah stunting serta sampah plastik," ujar Istri Wali Kota Solo, Elizabeth Endang Hadi Rudyatmo. ***

Editor : Yon Parjiyono