logo

Festival Payung Indonesia 2019 Siap Menyambut Pengunjung

Festival Payung Indonesia 2019 Siap Menyambut Pengunjung

05 September 2019 13:25 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - KLATEN: Festival Payung Indonesia 2019, sudah siap digelar, 6-8 September. Event ini dijamin ramah buat siapa saja. Kalau tidak percaya, datang saja ke lokasi event. Di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Festival Payung Indonesia 2019 akan menjadi tempat berkumpulnya para komunitas kreatif. Di ajang ini, mereka akan menampilkan karya terbaiknya.

“Ayo bergabung ke Festival Payung Indonesia 2019. Event tersebut terbuka bagi umum. Silahkan nikmati beragam warna budaya yang ditampilkan. Apalagi, event tersebut melibatkan berbagai latar belakang seni dan budaya. Festival tahun ini akan menjadi pesta rakyat yang luar biasa dan meriah,” ungkap Penggagas Festival Payung Indonesia Heru Mataya, Selasa (3/9).

Beragam karya kreatif disajikan masif. Karya tersebut ditampilkan para pelestari seni tradisi, seniman kontemporer, fotografer, desainer, dan lainnya. Mereka berkolaborasi melestarikan payung sebagai tradisi Indonesia. 

“Pesta rakyat unik dan menarik selalu ditawarkan Festival Payung Indonesia. Semuanya terlibat hingga menambah beragam warna event. Yang jelas, penyelenggaraan tahun ini lebih unik dan menarik. Pesta yang ditawarkan tentu lebih meriah. Ada banyak inspirasi yang juga ditebarkan di sana,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Tema yang diangkat adalah ‘Sepayung Daun’. Tema ini menjadi inspirasi. Karena peserta akan diajak berinovasi dalam menyajikan karya-karya terbaiknya. Karya tersebut sangat kreatif dan otentik. Ada banyak sentuhan inovasi hingga membuat festival menjadi lebih fresh. Mengacu temanya, daun akan dijadikan sebagai sentral acuan dalam penciptaan karya seni.

Festival Payung Indonesia 2019 akan diikuti oleh kreator mancanegara. Selain lokal nusantara, ada juga peserta dari Jepang, India, Thailand, dan Spanyol. Karya terbaik tersebut bisa dinikmati melalui beragam kegiatan. Ada Pameran, Workshop, Pertunjukan, Lomba Fotografi, dan Payung Kreasi.

“Ada banyak value yang didapatkan wisatawan bila berkunjung ke Festival Payung Indonesia. Karya seni yang ditampilkan emmang sangat unik dan menarik. Apalagi, festival juga menghadirkan delegasi mancanegara. Selain meriah, pesta rakyat ini juga sangat indah karena digelar di Candi Prambanan,” jelas Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuty.

Menjadi venue festival, Candi Prambanan memang sangat eksotis. Dibangun pada abad 9, profil candi tersebut sangat mendunia. Prambanan memang tercatat sebagai candi Hindu terbesar dan tercantik di Indonesia hingga kawasan ASEAN. 

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, Festival Payung Indonesia 2019 menguatkan magnet Candi Prambanan sebagai penarik wisatawan.

“Candi Prambanan adalah brand besar. Setiap event yang digelar di sana selalu sukses. Dengan festival ini, pergerakan wisatawan pasti akan lebih optimal. Sebab, festival menambah beragam aktivitas bagi para wisatawan selama berada di Prambanan. Silahkan berkunjung ke Festival Payung Indonesia, lalu nikmati eksotisnya,” tutup Arief yang menjadi Menpar Terbaik ASEAN tersebut.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto