logo

Pengelolaan Stadion Manahan Akan Dialihkan Ke BLUD

Pengelolaan Stadion Manahan Akan Dialihkan Ke BLUD

Stadion Manahan Solo
05 September 2019 05:56 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pengelolaan Stadion Manahan Solo akan dialihkan ke badan layanan usaha daerah (BLUD), mulai tahun depan. Menurut Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, jika diserahkan ke BLUD maka pengelolaan bisa dikerjasamakan ke pihak ketiga.

"Pengelolaan oleh BLUD itu juga sama seperti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Di SUGBK juga punya BLUD," kata Rudy kepada wartawan, di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/9/2019).

Hal tersebut dilakukan karena tidak ada anggaran pemeliharaan dari APBD. Dengan kerjasama pihak ketiga maka biaya pemeliharaan bisa ditopang pihak lain. Rudy yakin, jika proyek pemeliharaan dilelang, banyak yang berminat.

"Ini akan menguntungkan pemerintah kota (Pemkot). Karena biaya pemeliharaan pasti meningkat setelah stadion direnovasi," jelasnya.

BLUD nantinya di bawah Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora). Kabid Sarana dan Prasarana Dispora, Heni Handayani, menambahkan, BLUD ditargetkan beroperasi mulai Januari 2020.

"Selama dua bulan ke depan, kami akan melakukan kajian persiapan pembentukan lembaga tersebut," tambahnya.

Jika terealisasi, maka pengelolaan Stadion Manahan akan dipisahkan dengan sejumlah fasilitas olahraga lain yang kini ditangani Dispora.

"Saat ini Dispora mengelola kompleks Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Lapangan Kottabarat dan sembilan lapangan lain di Solo," jelas Neni.

Proses renovasi Stadion Manahan mendekati tahap akhir. Diperkirakan pekan ini semua telah selesai. Tetapi untuk peresmian stadion yang menjadi stadion mini SUGBK tersebut pihaknya belum mengetahuinya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto