logo

Hari Keenam Operasi Patuh Jaya 2019, Pemohon SIM Di Bekasi Meningkat 100 Persen

Hari Keenam Operasi Patuh Jaya 2019, Pemohon SIM Di Bekasi Meningkat 100 Persen

Antusias pemohon SIM meningkat di kantor SIM Polres Metro Bekasi, di Jalan Sukamahi, Komplek Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat. (Foto: Dharma/suarakarya.id).
03 September 2019 14:19 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - CIKARANG : Baru berjalan selama enam hari pelaksannan Operasi Patuh Jaya 2019, masyarakat Kabupaten Bekasi yang melakukan perpanjangan SIM di kantor SIM Polres Metro Bekasi meningkat 100 persen.

Peningkatan perpanjangan SIM tersebut diakui oleh petugas pembuat SIM, Aiptu Mulyadi.

"Untuk peningkatan masyarakat sangat signifikan, yang biasanya dalam satu hari pemohon SIM baru itu berkisar antara 100 hingga 150 pemohon. Namun setelah digelarnya Operasi Patuh Jaya meningkat mencapai 200 hingga 250 pemohon," ujar Aiptu Mulyadi kepada wartawan, di kantor SIM Polres Metro Bekasi, Plaza Pemkab Bekasi, di Jalan Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Selasa (3/9/2019).

Peningkatan pemohon SIM ini, lanjut Aiptu Mulyadi, baru dalam pendaftaran. Karena mereka akan mengikuti uji kompetesi baik ujian maupun praktek maka dari pemohon awal yang berkisar 300 lebih, nantinya setelah mengikuti prosedur materi ujian tergantung kepada masing-masing pemohon itu sendiri

"Kita harapkan kesadaran masyarakat itu tidak karena adanya Operasi Patuh Jaya. Tetapi yang kita harapkan bahwa memiliki SIM itu tentunya karena perintah Undang-undang," ujar dia.

Menurutnya, setiap pengendara pengemudi telah dijelaskan wajib surat izin mengemudi atau SIM.

"Jadi kedepannya masyarakat kita harus lebih taat dan patuh bahwa SIM itu menjadi keharusan," tambah Aiptu Mulyadi.

Terkait pelayanan online, kata Aiptu Mulyadi, masyarakat bisa melakukan registrasi secara manual terlebih dahulu melalui website online atau mengisi (input) data.

"Dengan adanya sistem online ini dimana masyarakat yang tadinya memiliki SIM diluar hukum Polda Metro Jaya bisa dilayani di Sapras ini," jelasnya.

Sementara itu, Yusuf salah satu pemohon menuturkan, pelayanan di kantor SIM ini sangat maksimal. Pelayanan dan tempatnya nyaman.

Namun Yusuf berharap agar pelayanan seperti antrian lebih dipercepat.

"Tadi saya antri hanya 1 jam, kalau bisa agar lebih dipersingkat lagi," ujar dia. 

Diketahui, pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2019 ini yang berlangsung di wilayah hukum Kabupaten Bekasi sejak tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto