logo

Harga Tinggi, Dikembangkan Budi Daya Cabai Di Enam Lokasi Di Jakarta

Harga Tinggi, Dikembangkan Budi Daya Cabai Di Enam Lokasi Di Jakarta

Tim dari Dinas KPKP dan Kementan RI survei di lokasi
02 September 2019 18:57 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Di tengah tingginya harga komuditas cabai di pasar -pasar tradisional di Jakarta Raya, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama Direktorat Jenderal Hortikulturan dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kementerian Pertanian, akan mengembangkan budi daya cabai di Ibu Kota.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, cabai merupakan salah satu komoditas strategis dan memiliki nilai ekonomis tinggi.

"Ketersediaan dan harganya sangat berpengaruh pada inflasi dan perekonomian nasional," ujarnya, Senin (2/9/2019). Darjamuni menjelasakan, Dinas KPKP DKI bersama BPTP Jakarta telah melakukan identifikasi, koordinasi lokasi dan malakukan survei Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) di enam tempat.

"Jakarta Utara kita lakukan di Kelompok Tani Garden Jaya, Rorotan, dan Rusun Marunda. Jakarta Timur di Kelompok Tani Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, dan Kelompok Tani Bambu Apus, Cipayung.

Kemudian, untuk Jakarta Selatan di Kelompok Tani Maju Bersama, Ulujami, serta Kelompok Tani Kebun Berseri, Bintaro," katanya.

Ia berharap, pengembangan budi daya cabai di Jakarta dapat semakin mewujudkan ketahanan pangan dan membuat harga cabai semakin stabil.

"Kami menargetkan budi daya cabai di Jakarta bisa dilakukan dengan total luas lahan mencapai lima hektare," tuturnya lagi.

Editor : Yon Parjiyono