logo

Dihadiri Insan Pariwisata, Malam Anugerah Pariwisata Kepri 2019 Berlangsung Meriah

Dihadiri Insan Pariwisata, Malam Anugerah Pariwisata Kepri 2019 Berlangsung Meriah

02 September 2019 10:29 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BATAM: Malam Anugerah Pariwisata Kepri 2019, di Pasific Palace Hotel Batam, Sabtu  (31/8) berlangsung meriah. Kegiatan ini dihadiri insan Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau. Seperti hotel dan resort, asosiasi pariwisata, akademisi pariwisata dan Media. Hadir juga Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti.

Menurut Kepala  Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Boeralimar Malam Anugerah Pariwisata merupakan wujud apresiasi. Khususnya terhadap pencapaian kunjungan wisatawan mancanegara. Sebab, kunjungan wisatawan ke Kepri menempati posisi ke-2 terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik, kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Riau sebanyak 1,4 juta wisatawan sepanjang Januari-Juni 2019. Jumlah itu hanya dikalahkan Bali. Pelancong ke Pulau Dewata tercatat 2.305.802 kunjungan pada semester I-2019.

“Terima kasih kepada insan pariwisata yang ada di Kepulauan Riau. Karena telah berkerjasama dalam pengembangan destinasi dan promosi pariwisata Kepri. Imbasnya positif. Karena kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri semakin meningkat,” paparnya.

Boeralimar berharap, penghargaan pariwisata ini dapat menumbuhkan kembali kecintaan dan rasa bangga serta memiliki pada pariwisata di daerah sendiri.

“Serta menjadi motivasi bagi para pelaku Pariwisata Kepulauan Riau untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya. Hingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke destinasi atau objek-objek yang ada di Kepulauan Riau,” harapnya.

Apresiasi juga disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani.

“Insan pariwisata Kepulauan Riau patut berbangga dengan pencapaian mereka. Kepri sudah menjadi pilihan wisatawan mancanegara. Mereka menjadi pintu masuk utama setelah Bali sejak awal tahun ini. Tidak salah jika ada award yang menyertainya,” papar Rizki.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memuji pelaksanaan Malam Anugerah Pariwisata Kepri 2019. 

“Pariwisata tidak bisa dikerjakan satu pihak saja. Stakeholder yang ada harus sama-sama bergerak. Dan akan lebih keren jika semangat Indonesia Incorporated dikumandangkan,” papar mantan Dirut PT Telkom itu. 

Menurutnya, Kepulauan Riau menjadi contoh suksesnya pariwisata yang dikerjakan secara bersama-sama.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto