logo

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan, Poltekpar Medan Gelar Leadership Development Management

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan, Poltekpar Medan Gelar Leadership Development Management

02 September 2019 09:34 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - DIENG: Poltekpar Medan sukses menggelar Leadership Development Management, 25-28 Agustus 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip mengatakan, pihaknya sengaja memilih Dieng karena ini merupakan salah satu dataran tinggi terbaik di Indonesia. Memiliki berbagai macam atraksi wisata sejarah dan alam, serta udara yang bersih dan segar.

"Variasi kegiatan yang kita laksanakan dapat membangun kepemimpinan dan kerjasama tiap peserta. Tata pengelolaan wisata alam dan sejarah dapat menjadi inspirasi bagi para manajer yang juga dosen, untuk menjadi bahan ajar dan bahan pengabdian masyarakat nantinya," kata Anwari Masatip.

Kegiatan yang diikuti oleh 35 pegawai Poltekpar Medan ini dipaketkan dengan beragam permainan. Ini merupakan simulasi pelatihan manajemen diri yang memadukan olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Salah satu manfaat kegiatan ini adalah akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani menyatakan, kegiatan ini tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi sekaligus rekreasi di alam terbuka. Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dapat meningkatkan kerjasama yang baik dalam pekerjaan sehari-hari. 

“Selain memberikan pengalaman baru, kegiatan ini juga memacu rasa keberanian, membangun rasa kebersamaan, serta meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab,” bebernya.

Termasuk membangun komunikasi yang efektif antar sesama, serta lebih memahami setiap kelebihan maupun kekurangan yang ada pada dirinya maupun orang lain. Sehingga, akan menimbulkan rasa saling menghargai dalam setiap keputusan.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengapresiasi kegiatan Leadership Development Management yang digelar Poltekpar Medan. Menurutnya, kegiatan ini akan sangat bermanfaat sebagai proses berlatih dan memacu cara berpikir seseorang agar selalu sistematis.

“Untuk membangun SDM Pariwisata, kita harus membangun dan mempertahankan kualitas SDM pendidiknya terlebih dahulu. Saya yakin akan muncul SDM-SDM unggul dari Poltekpar Medan," tegasnya. 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto