logo

Dubes Korsel Tempuh 1.000 Kilometer Lintasi Jawa Promosikan Budaya

Dubes Korsel Tempuh 1.000 Kilometer Lintasi Jawa Promosikan Budaya

Istimewa
31 Agustus 2019 10:10 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom bersama delegasinya akan menempuh 1.000 kilometer perjalanan darat menggunakan bus dari Jakarta ke Surabaya untuk promosi budaya, pada 2-7 September 2019.

Proyek diplomasi publik bertajuk “TeKo (Teman Korea) Nang Jawa” ini akan menghadirkan serangkaian acara kebudayaan Korea yang digelar di lima kota, yakni, Jakarta, Cirebon, Brebes, Solo, dan Surabaya.

Program ini bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Pihak PWI Pusat mendukung penuh kegiatan yang diadakan Kedutaan Besar Republik Korea yang akan mengadakan Teko Nang Jawa-sebuah proyek diplomasi publik- melakukan perjalanan darat sekitar 1.000 km dari Jakarta sampai Surabaya di Pulau Jawa dengan menggunakan bus tur untuk mempromosikan kebudayaan Korea.

Proyek tersebut diluncurkan Kedutaan Besar Korsel menjelang  periode kedua Pemerintahan Presiden Joko Widodo Republik Indonesia dan perhelatan ‘KTT Peringatan ke-30 Kerjasama KOREA-ASEAN’ pada November mendatang.

Menurut Dubes Kim Chang-beom, ide untuk mengembangkan proyek ini berasal dari pengembangan jalan tol Trans-Jawa yang mempersingkat akses dan waktu perjalanan Jakarta-Surabaya.

“Idenya memang berasal dari Tol Trans-Jawa, tetapi saya pikir ada minat yang sangat besar dari masyarakat di kota-kota yang akan kami kunjungi untuk mengetahui lebih banyak tentang Korea dan hubungan Korea-Indonesia,” kata Dubes Kim dalam wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Kamis (31/8/2019).

Melalui proyek ini, Kedubes Korea Selatan berharap dapat mengimplementasikan gagasannya untuk menelusuri seluruh penjuru daerah di Indonesia, dimulai dari Pulau Jawa yang dihuni lebih dari 50 persen jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 140 juta jiwa.

Kedubes Korea juga akan memperluas kerja sama antarmasyarakat dan mempererat hubungan kerja sama kedua negara khususnya dengan kota-kota besar di Pulau Jawa.

“Hubungan Indonesia dan Korea telah berkembang cukup dekat sebagai kemitraan strategis, tetapi relasi antarmasyarakat dan pertukaran dari hati ke hati adalah tulang punggung kemitraan kita,” kata Dubes Kim.

“TeKo Nang Jawa” memiliki arti istimewa karena masyarakat di Cirebon, Brebes, Solo, dan Surabaya akan ikut serta dalam berbagai acara kebudayaan Korea di tempat tinggal mereka seperti yang sering dilakukan di Jakarta dan kota-kota sekitarnya.

Mulai dari masakan Korea hingga informasi pariwisata Negeri Ginseng akan mereka peroleh dari program ini.

Selain delegasi Kedubes Korea, seorang Youtuber asal Korea, Jang Hansol, akan berpartisipasi dalam kegiatan promosi budaya ini.

Hansol, yang fasih berbahasa Indonesia dan Jawa, akan merekam vlog selama mengikuti perjalanan darat ini untuk menarik lebih banyak perhatian masyarakat, terutama generasi milenial??.

Bus yang akan ditumpangi Dubes Kim dan delegasinya akan ditempeli poster-poster yang mempromosikan KTT Peringatan ke-30 Tahun Hubungan Korea Selatan-ASEAN pada November mendatang, pariwisata Korea, serta makanan khas Korea (K-food).

Sejumlah K-food siap disajikan kepada masyarakat selama promosi budaya ini diantaranya tteokbokki (olahan beras ?dengan saus pedas manis), eomuk(semacam bakso ikan Korea) dan lain-lain dalam food truck bekerjasama dengan asosiasi industri makanan Korea.

Berikut ini rangkaian Acara "Teman Korea(TeKo Nang Jawa)"

*Terbuka untuk umum

<September 2, Jakarta>
11.30      Samwon Garden Restaurant, Lotte Shopping Avenue "Press Conference with Media" 
13.30*   Ice Palace, Lotte Shopping Avenue "TeKo Nang Jawa Logo & Poster Award"
14.00*   Lotte Shopping Avenue "TeKo Nang Jawa Kick-off Ceremony"

<September 3, Cirebon>
08.00*  Pantai di Cirebon "Coastal Cleanup Campaign"
10.00     Pantai di Cirebon "K-Food in Cirebon"
12:00     ITB Campus Cirebon "1st Anniversary of MTCRC (Marine Technology Cooperation Research Center)"
15.00*   Trans Studio Mini "Hallyu Come On 2019" & "KCC Goes to Cirebon"

<September 4, Brebes>
12.00     Pabrik Korea di Brebes "Gempita Duo Budoyo (Korean Company CSR Event)"

<September 5, Solo>
19.00*   Vastenburg Fort "Solo International Performing Arts 2019" 
19.00*   Vastenburg Fort "KCC Goes to Solo"

<September 6, Surabaya>
15.00    UNESA "All About Korea! Special Seminar on Korean Culture and History"

<September 7, Surabaya>
13.00*   Galaxy Mall "TeKo Nang Jawa K-Food & Taekwondo" 

15.00*   Galaxy Mall "TeKo Nang Jawa Wrap-up Ceremony". ***