logo

Pagi Buka Pacu Jalur, Malam Buka Sanur Village Festival 2019

Pagi Buka Pacu Jalur, Malam Buka Sanur Village Festival 2019

22 Agustus 2019 07:35 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - BALI: Mirip setrika saja perjalanan Menpar Arief Yahya pekan ini. Pagi tadi, 21 Agustus 2019 mewakili Presiden Joko Widodo membuka event Festival Pacu Jalur di Kuantan Singingi (Kuansing) Riau. Sore langsung terbang ke Bali, untuk membuka Sanur Village Festival 2019, satu dari 100 Top Calendar of Event Nasional. 
Dari Selasa 20 Agustus 2019, trip kunjungan kerja Mantan Dirut PT Telkom ini padat, jaraknya jauh-jauh dan efektif. Dari Bandara Soekarno Hatta, terbang ke Pekan Baru, berkunjung ke calon KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata di Rumbai dan Danau Buatan Kahyangan, langsung terbang naik helikopter ke Pulau Rupat, salah satu pulau terdepan di Kab Bengkalis, meninjau titik-titik yang berpotensi menjaring crossborder tourism dan KEK di sana. 
Dari Pulau Rupat, Bengkalis, Menpar Arief Yahya melanjutkan ke Kota Dumai, yang juga menjadi tempat penyeberangan Fery ke Malaka, Malaysia. Daerah yang dekat dari negeri Jiran Malaysia, dan punya potensi dikembangkan pariwisatanya. Dia juga sempat bertemu dengan masyarakat Pokdarwis - Kelompok Sadar Wisata di Bandar Hutan Bakau di sana. 
Sore langsung terbang 1,5 jam dengan heli ke Teluk Kuantan, Kuansing. Sore itu juga menjelaskan kepada seluruh jajaran Pemkab soal bagaimana menjadikan event itu masuk ke Calendar of Event. 
Malam itu juga masih bertemu dan memberikan arahan pada Genpi Kuansing, Generasi Pesona Indonesia yang rajin memviralkan destinasi dan event pariwisata di daerahnya. Sampai-sampai Gubernur Riau Syamsuar yang ikut mendampinginya terkagum-kagum dan makin bersemangat mengembangkan pariwisata di provinsinya. 
“Luar biasa Pak Menteri Arief Yahya! Beliau detail dan serius mengembangkan pariwisata di Bumi Melayu ini,” puji Gubernur Syamsuar di depan sekitar 3000 audience saat Opening Pacu Jalur di Kuansing. 
Sampai di Denpasar Bali, pukul 19.00 WITA, Menpar Arief Yahya langsung ganti baju adat Bali di bandara. Lalu menuju Lapangan Matahari Terbut, lokasi Sanur Village Festival 2019 di Sanur. “Saya 5 tahun ini sudah lengkap, tidak ada yang bolong, selalu hadir di Sanur Village Festival 2019,” ucap Arief Yahya selama perjalanan dari bandara ke Sanur. 
Ada yang paling mengesankan selama di Kuansing, Riau. Yakni saat mengumumkan Pacu Jalur resmi dimasukkan dalam Calendar of Event 2020. Seluruh warga di lapangan itu berteriak bangga, lalu memberi tepuk tangan spontan dan lama. Rupanya, inilah yang ditunggu tunggu oleh seluruh masyarakat Kuansing, menjadikan Pacu Jalur masuk kembali sebagai CoE 2020. 
Cara menyampaikan Menpar Arief Yahya pun, dengan adat pantun, ala Negeri Melayu. “Alangkah risau rasa di hati. Kalau tidak ketemu sinyal. Hari ini langsung saya eksekusi. 2020, Pacu jalur, masuk kalender even nasional,” pantun gaya orang digital. 
Menpar Arief Yahya selama di Kuansing, di tiga lokasi semua ditanya soal Pacu Jalur dan CoE. Mengapa tahun 2019 ini tidak masuk? Tahun sebelumnya 2018 sudah masuk? “Saya berikan rambu-rambunya untuk bisa tembus CoE Nasional. Saya sudah lihat sendiri, saat sesi latihan, cukup antusias, semangat, dan menjadi hiburan rakyat. Juga sudah diadakan selama 116 tahun, jadi sudah mendarah daging di sana,” ungkap Arief Yahya. Semua kegiatan Menteri Pariwisata juga diupdate dengan baik oleh Menpar di akun Instagram pribadinya yakni https://instagram.com/menpar.ariefyahya atau 
@menpar.ariefyahya.

Intinya, harus ada 3C, Creative Values, CEO Commitment, dan Commercial Values. Pariwisata untuk mengundang wisatawan, untuk datang dan menikmati atraksinya. “Karena itu harus bisa mendatangkan wisman dan wisnus dari luar Kab Kuansing. Dan harus dipromosikan dengan baik dari pre, on, dan post event,” ungkap Arief Yahya yang ikut happy, begitu masyarakat Kuansing juga happy.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto