logo

Bupati Sorong Siap Tingkatkan Kualitas SDM Generasi Muda Setempat

Bupati Sorong Siap Tingkatkan Kualitas SDM Generasi Muda Setempat

Dr Johny Kamuru, SH, M.Si/Foto:skid (Yacob Nauly)
17 Agustus 2019 20:35 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS: “SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul Indonesia Maju" menurut  Bupati Kabupaten Sorong, Dr Johny Kamuru, M.Si, penting  diterapkan hingga ke daerah termasuk  daerahnya.

“Kita berupaya keras untuk memajukan SDM Indonesia di  kabupaten Sorong,  namun perlu juga mendapat dukungan Pemerintah Pusat. Artinya, kolaborasi pusat dan daerah dalam hal anggaran, sehingga program tersebut  bisa berjalan lancar,”kata  Bupati  Kamuru ketika ditanya wartawan di sela-sela perayaan HUT RI ke-74  di Aimas, Sabtu (17/8/2019) pagi.

 Untuk meningkatkan SDM yang berkualitas, dimulai dari bayi di dalam kandungan yang harus bagus nutrisinya. Terus,  bagus gizinya, begitu lahir  lalu yang paling  penting sejak awal harus dibangun dan dibentuk karakternya. Pasalnya, budi pekerti menjadi sesuatu yang sangat penting sekali dalam pertumbuhan anak.

"Hal yang  selaras  dengan etika, disiplin, tanggung jawab, yang berkaitan dengan budaya kerja keras. Juga, kemandirian harus dibangun sejak awal. Dan, pada tahapan menengah kita harus menyiapkan 'skill' masa kini dan 'skill' masa depan ini penting sekali,"katanya.

Pembentukan karakter itu pun dilakukan berjenjang hingga tahap pendidikan tinggi. Misalnya, harus jelas sekarang anak masuk pendidikan menengah, apakah masuk ke kejuruan atau keilmuan  umum .  Itu, yang harus ditata agar bisa dicapai, kalau sudah di perguruan tinggi.

Target  Pemda  kabupaten  Sorong   adalah  anak-anak muda daerah ini   bisa berkompetisi di regional dan global,  melalui pendidikan di  universitas.
 

Diupayakan  pada saatnya, kabupaten Sorong memiliki  para intelektual yang  terampil sebagai ‘back office’ Indonesia dan itu  salah satu yang diinginkan masyarakat  Papua Barat khususnya Kabupaten Sorong.

Sejumlah perusahaan asing   dan nasional  akan membuka kantor di kawasan ekonomi khusus (KEK). Perusahaan asing itu membutuhkan tenaga atau SDM berkualitas.

”Nah kalau tidak siap, tentu tenaga ahli masih terus didatangkan dari luar. Karena itu, SDM Kabupaten Sorong harus  dididik agar mampu bersaing,”kata  Bupati Kamuru. ***

Editor : Yon Parjiyono