logo

Promosi Doktor Boy Rafli Amar: Promoter, Kata Kunci Konsistensi Dan Sustain Polri Bangun Kepercayaan Publik

Promosi Doktor Boy Rafli Amar: Promoter, Kata Kunci Konsistensi Dan Sustain Polri Bangun Kepercayaan Publik

Wakil Kepala Lemdiklat Polri, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H di depan para penguji Sidang Terbuka Promosi Jabatan di Bale Sawala Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, Bandung.
15 Agustus 2019 10:30 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - SUMEDANG: Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., menjadi Penguji Tamu pada Sidang Terbuka Promosi Jabatan Doktor Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H., di Bale Sawala Gedung Rektorat Universitas o99oo9

Promosi Jabatan Doktor Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Lemdiklat Polri ini sesuai dengan jabatan yang pernah disandangya ketika itu cukup lama menjabat sebagai Kadiv Humas Mabes Polri tersebut yang dinilai sukses sebagai ujung tombak citra positif Polri dalam menjalankan visi dan misinya yakni memberikan pelayanan terbaik dan pengayom masyarakat.

Bidang studi yang digelutinya tersebut masuk dalam kelompok Ilmu Komunikasi. Sedangkan disertasi doktoral mantan Kapolda Papua ini yakni "Integrasi Manajemen Media Dalam Strategis Humas Polri sebagai Aktualisasi Promoter".

Sebagaimana publik sudah cukup paham dan familiar dengan tagline Polri dibawah komando Kapolri Tito Karnavian. Irjen Pol. Boy Rafli Amar berusaha mengupas berdasarkan riset dan tinjauan akademis dari penelitian yang dilakukannya tentang peran penting dan integrasi manajemen media dalam aktualisasi Promoter.

"Promoter adalah akronim dari kata Profesional, Modern, dan Terpercaya, merupakan tiga kata kunci yang berusaha dikomunikasikan secara konsisten dan berkelanjutan dalam beragam strategi Humas untuk membangun kepercayaan publik dari masyarakat," ujar Boy Rafli di depan penguji antara lain: Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D., Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos.,S.H.,M.S.I., Dr. Dadang Sugiana, M.S.I., Prof. Deddy Mulyana, MA.,Ph.D., Dr. Edwin Rizal, M.S.I., Dr. Atwar Bajari, M.S.I., Dr. Ninis Agustini Damayani, M.Lib., Dr. Siti Karlinah, M.S.I., Prof.Dr.Ir. Mahfud Arifin, M.S.

Hadir pada moment penting itu sejumlah petinggi Polri yang menjadi kolega Irjen Pol. Boy Rafli Amar, beberapa anggota DPR yang menjadi mitra Polri di Komisi 3 serta para Politisi dan pimpinan media massa nasional yang menjadi mitra perwira tinggi Polri tersebut.

Salah satunya Ricky Rachmadi yang dikenal salah satu inisiator berdirinya Forum Pemred dimana Boy Rafli kala itu bertugas sebagai Kadiv Humas Mabes Polri.

Ricky Rachmadi memberikan ucapan selamat dan sukses karena Boy Rafli Amar mau dan mampu mengejawantahkan pengalaman dan ilmu yang didapatnya selama mengabdi di jajaran korps baju coklat untuk didekasikan kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

"Selama beliau bertugas sebagai petinggi Public Relation di Mabes Polri, banyak pengalaman yang didapatkan untuk bisa dikontribusikan bagi kemajuan Polri di masa mendatang. Khususnya dalam karya disertasinya bagaimana mengkomunikasikan secara konsisten dan berkelanjutan Promoter Polri lebih membumi dan terapliasikan secara efektif di masyarakat,"ungkap Ricky yang juga Ketua DPP Partai Golkar ini***