logo

40 Anggota DPRD Manado Ikrarkan Sumpah Dan Janji

40 Anggota DPRD Manado Ikrarkan Sumpah Dan Janji

14 Agustus 2019 20:35 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - MANADO: Banyak hal yang menarik dari 40 anggota DPRD Manado, yang baru resmi diangkat sumpah dan janji oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado, Rabu siang dan mulai menjalankan tugas Rabu (14/8/2019) seperti diwartakan Antara.

"Jadi dari 40 anggota DPRD yang dilantik, Benny Parasan, dari Gerindra, Dapil Wenang-Wanea, menjadi satu-satunya legislator yang dilantik untuk periode keempat," kata Kepala Bagian Risalah Rapat dan Perundang-Undangan DPRD Manado,  Novly Welly Siwi, di Manado. 

Dia mengatakan, Benny Parasan, pertama kali maju sebagai anggota DPRD Manado dari partai damai sejahtera untuk periode 2004-2009 lalu 2009-2014, kemudian pindah ke Gerindra dan berhasil kembali terpilih pada 2014-2019 dan kembali terpilih pada periode 2019-2024 dari Gerindra. 

Kemudian katanya, untuk kembali terpilih pada periode ketiga ada tujuh orang, dimana yakni Lily Binti dari Golkar, Royke Anter dari PD, Hengky N Kawalo dari PDIP, Syarifudin Saafa dari PKS, Revani Parasan dari perindo sebelumnya dari Hanura, Sonny Lela sebelumnya dari Partai Buruh kemudian ke Partai Golkar, Bobby Daud, dari PAN, namun dia sempat di-PAW pada saat suksesi Pilkada 2016 lalu, dan kembali terpilih periode ini. 

"Lainnya ada yang dua periode yakni Noortje Henny Van Bone, Vanda Pinontoan, Lily Walandha dari PD, Wahid Ibrahim, Bambang Hermawan dari PAN, Robert Laoh Tambuwun dari Perindo sebelumnya Hanura, meskipun sempat di-PAW menjelang berakhirnya masa jabatan, kemudian Arthur Rahasia dari Nasdem, Ronni Makawata dari PDIP, " katanya.  

Sisanya menurut Siwi, adalah wajah baru yang memang baru pertama kali masuk ke DPRD Manado, dan akan menjabat selama lima tahun kedepan, seperti biasanya. 

Maikel  Towoliu (jo) (1) Di sisi lain, Siwi, mengatakan, ada juga legislator baru yang berlatarbelakang pekerja media, Maikel Towoliu, SH, dari partai demokrat, Dapil Sario-Malalayang, yang baru masuk ke masuk di periode ini. 

Maikel yang mewakili masyarakat Sario-Malalayang, belum banyak berkomentar, saat diwawancarai, dan memilih menyatakan siap mengemban semua amanah yang diberikan kepadanya, khususnya membawa aspirasi masyarakat Sario Malalayang.   Dr. Suyanto Jusuf (jo) (1) Sementara dr. Suyanto Jusuf dari PAN, Dapil Tuminting-Bunaken-Bunaken Pulau mengatakan memfokuskan pikiranya untuk masalah kesehatan dan pendidikan, apalagi dia sendiri sebagai berprofesi dokter.

"Tentu saja sebagai wakil rakyat dari Dapil bagian utara Manado, saya sangat memprioritaskan kedua hal ini, supaya sama dan merata dengan wilayah lainnya, jangan lagi merasa kurang atau dianaktirikan," kata Suyanto. ***

Editor : Azhari Nasution