logo

Kejuaraan Dunia 2019: Tiga Tunggal Putra Berpotensi Saling Jagal

Kejuaraan Dunia 2019: Tiga Tunggal Putra Berpotensi Saling Jagal

Kevin/Marcus. (Foto: dok PBSI).
14 Agustus 2019 12:02 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id -  

JAKARTA: Undian Kejuaraan Dunia 2019 yang akan berlangsung di Basel, Swiss 19 – 25 Agustus ini sangat tidak menguntungkan bagi pemain Indonesia. Tiga tunggal putra yang turun di kejuaraan ini, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto berpotensi saling jagal menuju babak semifinal.

Jonatan di babak pertama kemungkinan tidak akan mengalami kesulitan berarti melawan wakil Inggris Rajiv Uoseph. Kemudian di babak kedua ia akan menghadapi pemenang antara Milan Ludik (Ceko) dan Heo Kwang Hee dari Korea.

Di babak ketiga atau 16 besar, Jonatan akan bertemu dengan Tommy Sugiarto, bila pemain yang diunggulkan di tempat 15 ini berhasil melewati dua rintangan di awal. Babak Pertama Tommy melawan Niluka Karunaratne dari Sri Lanka, bila menang menunggu lawan pemenang antara Brice Leverdiz (Prancis) dan Jan O Jorgensen (Denmark).

Bila skenario ini berjalan seperti yang diharapkan, maka di babak perempat final pemenang antara Jonatan dan Tommy akan bertemu dengan Anthony Ginting. Lagi-lagi dengan catatan Ginting yang diunggulkan di tempat keenam berhasil melewati babak pertama hingga tiga dengan mulus.

Di babak pertama Ginting akan dengan mudah mengalahkan wakil Mauritius Georgen Julien Paul. Kemudian di babak kedua bertemu dengan pemenang antara wakil Estonia Raul Must dan Toby Penty dari Inggris. Di babak ketiga Ginting kemungkinan akan bertemu unggulan 16 Sai Preaneeth B (India), Lee Dong Keun (Korea), atau kalau terjadi kejuran bertemu Jason Anthony Ho-Shue dari Kanada.

Namun bila melihat kemungkinan besar yang akan terjadi, Lawan Ginting di babak 16 besar hanya antara Sai Praneeth dan Lee. Pemain lainnya adalah mereka yang datang dari negara yang bulutangkisnya belum terdengan di kancah internasional.

Kondisi undian seperti ini memang tidak dapat dihindari, lantara dua pemain terbaik Indonesia saat ini, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting berada di unggulan nomor genap 4 dan 6 yang mengharuskan mereka berada pada kelompok atas drawing 64 pemain tunggal putra. ***