logo

Ingub Anies Wajibkan PNS Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi Diapresiasi

Ingub Anies Wajibkan PNS Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi Diapresiasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
13 Agustus 2019 18:32 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sejumlah kalangan mengapresiasi diterbitkannya Instruksi Gubernur (Ingub) No 71 tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Saya mengapresiasi kebijakan penerbitan Instruksi Gubenrnur (Ingub) No 71 tahun 2019. Saya kira ini terobosan yang cerdas dari Gubernur Anies dalam.rangka sosialisasi Pemanfaatan Kawasan Reklamasi," kata Pengamat Kebijakan Publik, Henry M Kailola, Selasa (13/8/2019).

Di pulau reklamasi, kata Henry selain sebagai kawasan bisnis, perumahan, juga dibangun kantor pemetintah yang menjadi pusat pelayanan masyarakat.

Seperti diketahui Gubernur DKI, Anies Baswedan bersama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 di Pulau Reklamasi.

Hal ini sudah ditetapkan dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera Dalam Rangka Peringatan HUT RI ke-74.

Instruksi itu ditetapkan di Jakarta pada Senin (12/8/2019). Dalam Ingub tersebut, PNS di lingkungan Pemprov DKI diwajibkan untuk melaksanakan upacara 17 Agustus di Pantai Maju atau Pulau Reklamasi kawasan Teluk Jakarta yang jatuh pada akhir pekan ini, tepatnya Sabtu (17/8/2019) sekitar pukul 07.30 WIB.

Berikut isi Ingub yang mewajibkan PNS Pemprov DKI melakukan upacara di Pulau Reklamasi.

"Mengikuti Upacara pada: har Sabtu, 17 Agustus 2019, pukul 07.30 s.d. selesai. Tempat : Kawasan Pantai Maju Kota Administrasi Jakarta Utara," demikian bunyi Ingub Nomor 71 Tahun 2019 seperti dikutip Suarakarya.Id, Selasa (13/8/2019).

Untuk menghindari PNS yang telat, Anies mengimbau para pegawai harus sudah siap di tempat upacara pada pukul 07.00 dengan berpakaian seragam Korpri lengkap, celana biru dongker, memakai peci hitam polos dan sepatu hitam.

Lalu untuk PNS wanita memakai jilbab warna biru dongker dilarang memakai celana panjang.

"Apabila sebelum upacara bendera dimulai turun hujan, maka upacara dialihkan ke tempat yang memungkinkan," tutur Anies.

Menurutnya, ini merupakan kontrol disiplin semua perangkat daerah wajib mengirimkan daftar hadir pegawai yang mengikuti upacara kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Chaidir paling lambat satu setelah upacara.

Pada kesempatan sebelumnya, Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Hani Sumarno mengatakan, awalnya ada dua opsi tempat untuk upacara HUT RI ke-74, yakni Pantai Maju dan Pantai Kita. Akhirnya, diputuskan untuk menyelenggarakannya di Pantai Maju atau Pulau D.

"Ada dua tempat sebelumnya, baru Selasa kemarin, diputuskan tempat di pantai Maju awalnya di pantai Kita. Pantai maju itu aksesnya sudah baik, sudah di aspal, juga di tengah ada kawasan rumput, pohon, waktu ground breaking jalasena," ujarnya.

 

 

 

 

 

 

Editor : Yon Parjiyono