logo

Gunung Slamet Waspada, Bupati Imbau Warga Jaga Jarak

  Gunung Slamet Waspada, Bupati Imbau Warga Jaga Jarak

Gunung Slamet. (Foto: Istimewa)
13 Agustus 2019 14:49 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - PEMALANG: Selain Gunung Merapi di perbatasan Jateng-DIY, satu lagi gunung di Jawa Tengah kini dinaikkan statusnya menjadi Waspada, yakni Gunung Slamet di perbatasan Pemalang dan Banjarnegara.

"Atas status waspada tersebut, warga kita imbau untuk menjaga jarak dalam radius 2 kilometer (km) dari Gunung Slamet," kata Bupati Pemalang, Junaedi, dalam siaran pers, Senin (12/8/2019).

Juaedi mengaku sudah langsung mendatangi pos pengamanan gunung api Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari. Pos itu merupakan pusat pemantauan untuk mengetahui secara langsung status terbaru aktivitas Gunung Slamet yang sudah dinaikkan statusnya menjadi waspada.

Selepas meminta keterangan Sukedi, petugas Pos Pengamanan Gunung Api Slamet, Junaedi mengimbau seeluruh masyarakat agar tidak mendekati pusat gunung api dalam radius 2 km.

“Jarak terdekat masyarakat dengan gunung api tersebut sekitar 2,9 km. Secara umum masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa, namun harus selalu waspada,” tuturnya.

Kepada para pendaki baik dari Pemalang maupun luar Pemalang, Junaedi mengingatkan, agar sementara tidak melakukan pendakian ke Gunung Slamet. Semua hal sudah disiapkan untuk mempermudah akses evakuasi bila sewaktu-waktu terjadi peningkatan aktivitas gunung Slamet.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto