logo

Siaran Langsung Penyembelihan Qurban Jadi Trend Baru Di Semarang

   Siaran Langsung Penyembelihan Qurban Jadi Trend Baru Di Semarang

Para sohibul qurban saksikan penyembelihan hewan melalui live video streaming. (SK.id/Pudyo Saptono)
11 Agustus 2019 17:14 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Demi efisiensi tempat dan waktu, panitia penyembelihan hewan qurban di Kota Semarang kini banyak yang menyerahkan penyembelihan ke rumah pemotongan hewan (RPH). Terutama, bagi panitia yang masjidnya terletak di kompleks perumahan dan tidak memiliki cukup lahan.

Namun, belum banyak panitia penyembelihan yang menempuh langkah-langkah kreatif, seperti melakukan siaran langsung (live video streaming) penyembelihan hewan qurban untuk memberikan layanan prima kepada sohibul qurban.

Langkah-langkah kreatif itu, dilakukan panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Al-Ikhlas, di Perumahan Korpri Bulusan Selatan, Tembalang, Kota Semarang, pada peringatan Idul Adha, Minggu (11/8/2019).

Merasa tidak memiliki tempat pemotongan pada lahan yang ideal, panitia pun bertinisiatif memakai jasa RPH. Sementara bagi sohibul qurban tetap bisa menyaksikan proses penyembelihan tanpa harus berbondong-bondong ke RPH, lantaran panitia menyediakan live video streaming langsung dari lokasi penyembelihan.

Ketua Takmir Masjid Al-Ikhlas Perum Korpri Bulusan Selatan, Ir Agus Purwoko Jati, didampingi Ketua Panitia Qurban, Dr Munasik, menyebut warga Perum Korpri Bulusan Selatan sangat tinggi niatnya dalam menunaikan ibadah qurban.

Tapi menilik di wilayahnya tidak ada lahan yang bisa digunakan untuk proses penyembelihan, sementara jumlah hewan qurban cukup banyak, yakni 7 ekor sapi dan 7 ekor kambing, akhirnya panitia memakai jasa RPH milik Pemkab Semarang di Ungaran.

“Kami kesulitan tempat untuk menyembelih sendiri. Karena itu dipilihlah jasa RPH. Sedang untuk menampung aspirasi sohibul qurban yang ingin menyaksikan proses penyembelihan, kami menyiarkan live video streaming. Dengan sarana ini, sohibul qurban bisa menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan yang mereka qurbankan,” kata Agus Purwoko Jati.

Munasik menambahkan, pembentukan panitia idhul qurban di masjid Al-Ikhlas Bulusan Selatan, memang baru pertama kalinya. Di tahun tahun sebelumnya warga yang ingin berqurban disalurkan ke masjid tetangga.

“Seiring berjalannya waktu, warga Perum Korpri Bulusan Selatan tahun ini menginginkan pemotongan hewan senbdiri. Sehingga Takmir Masjid membentuk panitia idhul qurban. Guna memenuhi keinginan sohibul qurban bisa melihat langsung proses penyembelihan sesuai sunnah, kami menyediakan fasilitas video streaming,” papar Munasik.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto