logo

Anies: Pemprov DKI Siap Bekerjasama Dan Beri Kepastian Perizinan Bagi Pengusaha Kadin

Anies: Pemprov DKI Siap Bekerjasama Dan Beri Kepastian Perizinan Bagi Pengusaha Kadin

Gubernur DKI, Anies Baswedan ( tengah) menyaksikan pemberian cideramata dari Ketua Kadin DKi Edy Kuntadi (kanan) kepada Ketua Umum Kadin Pusat Rosan Perkasa Toeslani dalam Musptov Kadin DKI, di Hotel Sultan, Kamis (8/8/2029).
08 Agustus 2019 15:44 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI siap bekerjasama dan menjamin kepastian perizinan bagi para pengusaha di Ibu Kota.

Jaminan itu disampaikan Anies dalam sambutannya membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) XIII/2019 Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI, di The Sultan Hotel Complex, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/20).

Event empat tahunan yang mengusung tema “KADIN Membangun Ekonomi Jakarta yang Kokoh Mandiri dan Berdaya Saing Melalui Kebijakan dan Regulasi yang Pro Bisnis”.

Dalam kesempatan ini, Anies berharap agar kerja sama antara Pemprov DKI dengan KADIN DKI bisa membangun ekosistem dunia usaha di Jakarta menjadi lebih baik lagi.

“Alhamdulillah, Jakarta pertumbuhan ekonominya baik, 6,17 persen tahun 2018. Kita ingin menjaga agar ekosistem usaha di Jakarta itu tumbuh sehat. Itu artinya ada kepastian dari sisi regulasi, sehingga para pengusaha bisa bekerja tanpa kekhawatiran tentang ketidakpastian aturan. Dan, yang tidak kalah penting juga di Jakarta adalah hubungan industrial dan komunikasi yang intensif," ucap mantan Mendikbud ini.

Pemprov DKI ingin memastikan ekosistem di Jakarta sehat. Semoga kemitraan ini bisa membuat ekosistem dunia usaha di Jakarta lebih baik lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anies menegaskan bahwa Pemprov DKI akan terus bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat di Jakarta, khususnya dunia usaha.

Diharapkan agar KADIN DKI sebagai bagian dari dunia usaha, terus menjadi mitra kerja Pemprov DKI dalam melaksanakan visi pembangunan Jakarta 2017-2022, yakni Jakarta kota maju, lestari, dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaan, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua, dan berbagai program pembangunan.

Tahun 2019 ini APBD kita sebesar 89,01 triliun, di angka yang cukup besar. Ini hanya bisa dikerjakan bersama sebagai sebuah kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat dan dunia usaha khususnya.

"Karena itu kita berharap agar kemitraan ini bisa berjalan terus dengan baik. Kami akan terus mendengar aspirasi dari dunia usaha untuk bisa membuat regulasi yang memungkinkan adanya keadilan di dalam pasar sehingga persaingan berjalan baik; serta memungkinkan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak, sehingga manfaat dari pertumbuhan ekonomi itu dirasakan bagi semuanya,” katanya disambut tepuk tangan hadirin.

Di samping itu, Anies turut mengapresiasi penyelenggaraan MUPROV XIII/2019 KADIN DKI yang mengangkat Sub Tema “Kadin DKI Jakarta Bersama Pemerintah dan Mitra Strategis Meningkatkan Ekonomi Jakarta dengan Partisipasi Dunia Usaha Berbasis Digital”.

Diharapkan dalam menyusun Program Kerja KADIN DKI Jakarta 2019-2024, sejalan dengan program prioritas RPJMD 2017-2022, dengan mengedepankan kepentingan publik untuk kesejahteraan warga Kota Jakarta.

“Saya berharap nanti dalam proses keorganisasian pemilihan dan kepengurusan baru yang terbentuk mencerminkan kematangan berdemokrasi para pengusaha. Semoga proses pemilihan berjalan lancar, kepemimpinan yang baru terpilih adalah kepemimpinan yang nantinya bisa memperjuangan aspirasi pengusaha dan bisa bermitra dengan pemerintah dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Caretaker KADIN DKI, Eddy Kuntadi, juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov DKI atas kerja samanya selama kepemimpinannya di KADIN DKI dalam kurun waktu 10 tahun.

“Suatu perjalanan yang luar biasa dalam kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan KADIN DKI. Sebetulnya target dari Muprov ini adalah bagaimana mempersiapkan dunia usaha dalam rangka hubungan kerja yang lebih baik ke depan dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang ada, khususnya di DKI,” ucapnya.

Turut hadir dalam forum ini, Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, Para Ketua Wilayah KADIN DKI, Para Pengurus KADIN DKI, Para Kandidat Ketua Umum KADIN DKI, Para Anggota Legislatif DPR RI dan DPRD DKI, Para Pejabat dilingkungan Pemprov DKI.

Editor : Yon Parjiyono