logo

Rektor UMS Akan Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UMS Ke-25

Rektor UMS Akan Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UMS Ke-25

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif
07 Agustus 2019 21:51 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Prof Dr Sofyan Anif akan dikukuhkan sebagai Guru Besar UMS ke-25, Kamis (8/8/2019). Dalam pengukuhan tersebut, Sofyan Anif akan membacakan pidatonya berjudul “Pengembangan Sumberdaya Pendidik Berbasis Continuous Professional Development (CPD) pada Era Disrupsi,” 

"Ada tiga hal yang menjadi latar belakang tentang judul pidato saya. Yakni latar belakang pendidikan kita, kondisi guru yang kualitasnya belum optimal serta dasar pemikiran peradaban semakin berkembang seiring perkembangan informasi teknologi (IT)," jelas Sofyan Anif kepada wartawan di Kampus UMS Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/8/2019).

Dengan latar belakang tersebut maka pengembangan kompetensi guru berbasis CPD pada era disrupsi sangat dibutuhkan. Agar mampu menghasilkan siswa yang berdaya saing tinggi. Perkembangan IT menghadirkan fenomena revolusi industri 4.0. Bahkan di negara maju sudah masuk industri 5.0.

Untuk bisa mewujudkan impian Indonesia emas 2045 dimana akan menjadi salah satu dari 5 negara yang kuat dan maju dalam ekonomi dibutuhkan strategi.

"Jadi satu strategi untuk membawa Indonesia menjadi berkembang Ipteknya, karena Iptek di Indonesia memang tertinggal," jelasnya lagi.

Menurut Sofyan, guru harus bisa memotivasi siswanya. Selain itu, jika ingin Indonesia berkembang dalam IT maka mindset guru harus diubah. Metode dan pendekatan harus diubah.

"Guru dan murid harus belajar 2 arah bukan satu arah. Guru harus orientasinya menerapkan konsep perkembangan iptek ke depan untuk sekarang. Sedangkan yang kini dijalani adalah menerapkan konsep yang lama untuk sekarang," paparnya.

Sofyan Anif menjadi Guru Besar ke-25 UMS tetapi menjadi Guru Besar ke-19 yang dikukuhkan di UMS. Untuk bidang manajemen pendidikan, Sofyan Anif menjadi Guru Besar ke-3. Pengukuhan akan dilakukan oleh Dirjen Sumberdaya Ipteks dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) Prof Dr Ali Gufron M.Sc.

Sejumlah tokoh dijadwalkan akan hadir antara lain Profesor Malik Fadjar, M.Sc (Anggota Wantimpres RI), Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr Haedar Nasir, M.Si, mantan Rektor UMS, alumni UMS yang sudah menjadi Guru Besar, Ketua Forum Rektor Indonesia, dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Jamal Wiwoho. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto