logo

Anies Tegaskan Penegakan Hukum Yang Beradap Dan Humanis

Anies Tegaskan Penegakan Hukum Yang Beradap Dan Humanis

Gubernur DKI, Anies Baswedan menjadi Inspektur Upacara HUT Satpol PP ke 69, Rabu (7/8/2019).
07 Agustus 2019 11:11 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi Inspektur Upacara dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57 di lapangan silang Monas sisi Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Anies tegaskan penegakan hukum yang dilakukan petugas Satpol PP harus dilakukan secara beradab dan mengedepankan kemanusiaan (humanis).

“Saya ingin menggarisbawahi kepada saudara-saudara yang bertugas di lapangan sebagai Satpol PP. Bahwa saudara-saudara bertanggung jawab menegakkan peraturan. Saudara-saudara adalah wajah Pemprov DKI Jakarta. Saudara-saudara hadirkan ketegasan. Tapi ketegasan tidak selalu hadir bersama dengan kebengisan. Ketegasan diwujudkan keteguhan memegang aturan. Melaksanakan dengan cara yang beradab,” ujarnya.

Anies menyampaikan Satpol PP bekerja sama dengan kepolisian dan TNI telah membuktikan selama setahun terakhir berhasil mewujudkan ketenteraman dan keamanan di Ibu Kota, seperti pada perhelatan Asian Games 2018 dan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019. Ia berharap tugas dan tanggung jawab petugas Satpol PP dapat terus melayani warga Jakarta dengan baik melalui interaksi yang sehat.

Anies menekankan bahwa Satpol PP mampu menjelaskan tanggung jawabnya. Di sisi lain, masyarakat juga diimbau untuk menyadari bahwa ketertiban maupun keamanan adalah kepentingan kita bersama.

Secara khusus, ia ingin menitipkan pesan kepada saudara sekalian. Bahwa hari-hari ke depan, kita akan menyaksikan beberapa pergeseran terkait dengan pengelolaan lalu lintas di Jakarta.

"Karena itu, saya berharap kepada saudara sekalian untuk membantu masyarakat di dalam menginformasikan dan dalam memastikan bahwa mereka bisa bertransportasi denga nyaman dan aman. Kita menyadari bahwa banyak perubahan yang terkait dengan pola bertransportasi masyarakat,” ucap Anies .

Selama dua tahun terakhir telah terjadi peningkatan jumlah pengguna kendaraan umum. Sepanjang tahun 2017, terdapat 190 juta pengguna kendaraan umum. Di tahun 2018, jumlah tersebut meningkat 40 juta menjadi 230 juta dan pada tahun 2019 ini, pengguna transportasi umum diperkirakan akan meningkat menjadi 280 juta. Artinya, terdapat 100 juta peningkatan penumpang dalam dua tahun terakhir.

Anies berharap tanggung jawab Satpol PP di dalam melaksanakan Peraturan-Peraturan Daerah maupun Peraturan-Peraturan Gubernur yang terkait dengan mobilitas penduduk menjadi salah satu tanggung jawab baru serta menjadi perhatian khusus untuk mewujudkan kota Jakarta yang aman dan tenteram. Ia meyakini wajah Jakarta akan menjadi contoh wajah Indonesia di mana dunia internasional menyaksikan Indonesia.

Karena itu, Satpol PP menjadi bagian yang penting dalam mewujudkan itu bahwa Jakarta adalah kota aman, tertib, modern, berbudaya, dan lestari.

"Teruslah berbakti. Teruslah melayani. Teruslah melindungi. Tegakkan Peraturan Daerah. Tegakkan Peratuan Kepala Daerah. Jadilah petugas-petugas yang tegas dan humanis. Jadilah petugas yang kehadirannya memberikan rasa tenteram. Praja Wibawa Satpol PP. Bangga berwibawa,” tuturnya.

Editor : Yon Parjiyono