logo

Kinokuniya Books Gairahkan Literasi Testimoni Tentang Traveling

Kinokuniya Books Gairahkan Literasi Testimoni Tentang Traveling

22 Juli 2019 22:09 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Belakangan ini, travelling menjadi sebuah tren yang semakin populer di tengah masyarakat. Hal ini terutama juga dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan informasi teknologi dan media sosial.

Sebuah studi yang dilakoni University of Alberta, 2014, menemukan bahwa media sosial memiliki peran yang signifikan terhadap dunia pariwisata hingga memengaruhi perubahan cara komunikasi dalam industri ini. Media sosial begitu cepat menjelma menjadi sarana dan cara utama bagi berbagai bisnis pariwisata untuk terhubung dengan konsumen. Warganet pun, seakan berlomba-lomba mengunggah foto perjalanan mereka ke media sosial.

Namun, apakah travelling hanya menjadi sebuah ajang untuk “pamer” potret indah perjalanan? Atau agar tidak ketinggalan zaman dari tempat liburan yang sedang hits dan menjadi tren?

"Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang kemudian menggugah kami di Personal Growth dalam kolaborasi dengan Kinokuniya Books Indonesia untuk menyelenggarakan acara diskusi buku dengan tema Traveling: A Journey to Broaden Your Perspective dengan mengangkat buku karya Eric Weiner berjudul “The Geography of Bliss,”ujar Ratih Ibrahim, selaku Founder dan CEO Personal Growth di Kinokuniya Books Indonesia, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu, (20/7/2019).

Buku ini menceritakan mengenai perjalanan Eric Weiner mengunjungi berbagai negara untuk mengetahui definisi “kebahagiaan” dari setiap negara. Diskusi buku juga dihadiri oleh para narasumber yang sudah berkecimpung di dunia travelling yang juga merupakan seorang influencer.

Para narasumber tersebut adalah Kadek Arini, merupakan travel blogger yang memiliki passion pada dunia travelling, suka tantangan dari pengalaman baru, dan senang untuk berbagi pengalaman lewat tulisannya di www.kadekarini.com.

Narasumber yang kedua adalah Kenny Santana, seorang travel blogger yang berani meninggalkan pekerjaan lamanya demi mendalami dunia traveling. Ia aktif di media sosial @KartuPos (www.kartupos.co.id) dan memiliki bisnis custom trip.

Narasumber yang ketiga adalah Putri Ayudya, seorang aktris yang memiliki minat besar terhadap seni peran dan kesehatan mental. Tiga tahun menjadi presenter Jejak Petualang dan dua tahun bergerak bersama Tanaga (Taruna Siaga Bencana) di Indonesia memberikan Putri kesempatan untuk lebih mengenal dirinya dan manusia dengan segala keragaman dan keunikannya.

Ratih Ibrahim yang juga Psikolog dan moderator acara ini mengatakan kegiatan diskusi buku ini akan menjadi sarana untuk bertukar pikiran, menambah wawasan, juga berbagi kepedulian.

"Kami terus mempromosikan budaya membaca buku bagi keluarga-keluarga di Indonesia, karena kami percaya bahwa membaca merupakan fondasi dasar pendidikan,"jelasnya***

Editor : Yon Parjiyono