logo

Pertamina EP Rapat Koordinasi Dengan Pemkab Sorong Soal Izin Prinsip

Pertamina EP Rapat Koordinasi Dengan Pemkab Sorong Soal Izin  Prinsip

11 Juli 2019 21:40 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS: Pertamina EP Sorong melakukan rapat koordinasi dengan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong dalam rangka  sosialisasi  seismik dan pengembangan  sumur baru, Kamis (11/7/2019) pagi di ruang rapat bupati .

“Benar kami gelar rapat koordinasi dengan Pertamina EP Sorong sehubungan dengan masalah perizinan prinsip. Juga pihak Pertamina EP Sorong melaporkan tentang  pengembangan  sumur minyak baru serta  akan diadakan  operasi seismik,” kata Sekda Kabupaten Sorong, Ir Mohammad Said Noer M.Si

Terkait perizinan tersebut dalam rapat koordinasi itu hadir sejumlah OPD terkait masalah  izin prinsip dan izin lingkungan hidup.

Pihak Pertamina  dalam keterangannya, mengatakan,  tim eksplorasi PT Pertamina EP akan melakukan survei seismik di wilayah Kabupaten  Sorong  Provinsi  Papua Barat.  Untuk memulai tahapan kegiatan seismik, dilakukan sosialisasi kepada Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di Kantor Bupati  Sorong, di Aimas.

Dalam sosialisasi yang digelar di ruang Rapat  Kantor Bupati Sorong itu, hadir sejumlah kepala dinas (OPD) terkait  serta instansi  lintas sektoral  lainnya.

“Kami mendapatkan amanah dari pemerintah melalui SKK Migas untuk secara agresif mencari sumber cadangan migas baru agar industri migas Indonesia ini bisa tetap berjalan. Salah satu wujud komitmen kami untuk menjalankan amanah tersebut melalui kegiatan Survei Seismik  di Kabupaten Sorong”, kata salah satu petugas dari Pertamina EP Sorong, Dimas,  pada acara tersebut.

Lebih lanjut,  dijelaskan, untuk kegiatan Survei Seismik itu  akan dilakukan di Kabupaten  Sorong  dengan area di sekitar  sejumlah distrik. Oleh karena itu, warga yang  memiliki wilayah terkena seismik akan diberdayakan.
 
“Untuk luasan Seismik 3 Dimensi  direncanakan mencapai  ratusan  km2 dan  begitu  pula Seismik 2D direncanakan sepanjang  ratusan kilo meter juga,”katanya.

Menyangkut pengembangan lapangan kerja  Pertamina EP Sorong dilakukan di  Salawati, Linda Sele dan Klamono.  Itu, sudah dalam perencanaan mantap dan saat ini dikoordinasikan dengan Pemda Sorong menyangkut perizinan prinsip tersebut, demikian  pembicara  Pertamina EP Sorong. ***
 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto