logo

Piala Afrika: Omeruo Antar Nigeria Jadi Tim Pertama Ke-16 Besar

Piala Afrika: Omeruo Antar Nigeria Jadi Tim Pertama Ke-16 Besar

Kenneth Omeruo terdaftar sebagai pemain Chelsea
27 Juni 2019 00:45 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - KAIRO: Kenneth Omeruo mengantar Nigeria menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Afrika lewat golnya menit 73 untuk menaklukkan Guine, Rabu atau Kamis (27/6/2019) WIB.


Nigeria yang tiga kali menjuarai Piala Afrika kini memimpin Grup B dengan nilai enam setelah sebelumnya juga menang tipis 1-0 atas Burundi, Sabtu lalu. Dua tim teratas dari enam grup bersama dengan empat tim peringkat terbaik ketiga berhak melangkah ke perdelapanfinal.

Omeruo mencetak gol kemenangan Nigeria setelah memanfaatkan tendangan sudut kanan Moses Simon.

Nigeria kehilangan kapten John Mikel Obi, yang bermain untuk Middlesbrough pada 2018-19. Namun mereka memiliki bek Brighton Leon Balogun, gelandang Stoke Peter Etebo, gelandang Leicester Wilfried Ndidi dan pemain depan Arsenal Alex Iwobi.

Pria Gunners itu memiliki salah satu peluang terbaik ketika tembakan  melengkung dari luar kotak penalti, tetapi kiper Guinea Ibrahim Kone menghasilkan penyelamatan satu tangan yang spektakuler untuk mendorongnya melewati mistar.

Guinea diperkuat gelandang Liverpool Naby Keita. Namun, Keita menerima beberapa tantangan kuat dan hanya bertahan 71 menit sebelum ia digantikan.

Dua negara lain di Grup B, Madagaskar dan Burundi, bermain pada Kamis, sebelum Burundi menghadapi Guinea dan Madagaskar menghadapi Nigeria dalam putaran final pertandingan grup pada hari Minggu. ***