logo

Kevin: Mempertahankan Gelar Itu Tidak Gampang

Kevin: Mempertahankan Gelar Itu Tidak Gampang

Foto: Dok PBSI
26 Juni 2019 20:26 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Meskipun telah mengantongi banyak gelar juara, namun Kevin Sanjaya Sukamuljo mengakui tak mudah untuk mempertahankan gelar yang telah ia raih di Blibli Indonesia Open tahun lalu. 

Di tahun ini, Kevin yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, masih menjadi andalan Indonesia di turnamen level super 1000 tersebut. 

Kevin menuturkan harapannya untuk bisa mempertahankan gelar dan naik podium juara di turnamen kebanggaan Indonesia ini.

“Target pribadi pastinya pertahankan gelar, tapi saya nggak mau berpikir panjang, step by step dan lakukan yang terbaik saja,” kata Kevin dalam acara konferensi pers Blibli Indonesia Open 2019.

“Indonesia Open selalu jadi salah satu pertandingan favorit saya. Feeling-nya beda, rasanya beda. Banyak yang support, kalau mukul saja (sampai) nggak ada (terdengar) suaranya,“ ungkap Kevin.

Kevin/Marcus meraih gelar Blibli Indonesia Open 2018 dengan mengalahkan pasangan Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko dengan skor 21-13, 21-16. Pada tahun ini, Kevin/Marcus akan kembali bertemu Inoue/Kaneko di Istora, akan tetapi pertemuan kedua pasangan ini bakal terjadi di babak pertama.

“Pertahankan gelar itu nggak pernah gampang, karena banyak beban juga. Tahun kemarin sama tahun ini nggak jauh beda, kekuatan sekarang kan sudah merata, tahun kemarin sama tahun ini nggak jauh beda, merata, tiap pemain punya kesempatan yang sama,” sebutnya.

Dalam persiapan yang berlangsung sebulan lebih, Kevin dan Marcus fokus pada latihan yang memperbaiki kekurangan-kekurangan mereka. Panjangnya waktu tanpa tanding dipandang Kevin bukanlah sebuah kendala. Kevin/Marcus terakhir bertanding pada Mei lalu di kejuaraan Piala Sudirman 2019.

“Harusnya lama nggak tanding nggak jadi kendala. Kami pernah juga nggak tanding beberapa bulan dan tidak ada masalah,” pungkas Kevin. ***