logo

Kaukus KONI Provinsi Bahas Kejayaan Olahraga Nasional Ke Depan

Kaukus KONI Provinsi Bahas Kejayaan Olahraga Nasional Ke Depan

Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo. (Foto: Markon).
17 Juni 2019 16:11 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Seluruh pengurus teras Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi se-Indonesia akan berkumpul di Jakarta, Selasa (18/6/2019). Mereka akan membahas masalah olahraga nasional dan strategi pembinaan prestasi demi kejayaan olahraga Indonesia ke depan.

Acara yang dikemas dalam bentuk Forum Diskusi Olahraga Nasional dengan tema Bersatu Demi Jayanya Olahraga Nasional ini diselenggarakan oleh KONI Provinsi DKI Jakarta selaku Ketua Kaukus KONI seluruh Indonesia.

Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta yang juga Ketua Kaukus KONI se-Indonesia Djamhuron P Wibowo mengatakan, forum diskusi olahraga ini tidak ada sangkut pautnya dengan penggalangan suara menjelang Munus KONI yang akan berlangsung awal Juli mendatang. Pertemuan Kaukus adalah agenda rutin tahunan yang kebetulan momentumnya berdekatan dengan penyelenggaraan Munas KONI.

“Perlu saya tegaskan, Forum Diskusi Olahraga Nasional adalah agenda rutin tiap tahun. Biaya penyelenggaraannya pun sudah ada dalam nomenklatur anggaran KONI Provinsi DKI Jakarta. Bahwa penyelenggaraanya yang berdekatan dengan Munas KONI, ini kebetulan saja,” kata Djamhuron P Wibowo di Jakarta, Selasa.

Menurut Djamhuron, Forum Diskusi Olahraga Nasional lebih banyak bicara tentang regulasi olahraga nasional, termasuk menyikapi Perpres Nomor 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional. Kemudian membahas akan seperti apa KONI ke depan.

“Kalau ada peserta yang nyerempet bicara soal dukungan terhadap calon ketua umum KONI Pusat, kita tidak akan masuk ke wilayah itu. Kecuali kalau bicara kriteria, tidak masalah. Sekali lagi saya tegaskan, forum ini tidak dalam rangka penggalangan dukungan terhadap seorang calon Ketua Umum KONI Pusat,” lanjut pensiunan jenderal bintang satu TNI AL ini.

Lebih jauh Djamhuron mengatakan, pentingnya digelar forum diskusi ini karena banyak daerah yang salah menerjemahkan Perpres Nomor 95 tahun 2017. Bahkan sudah ada Perda di sejumlah provinsi yang mengadopsi Perpres 95 tersebut.

Seperti diketahui, Perpres 95 tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional, lahir menyusul kegagalan Indonesia di SEA Games Kuala Lumpur 2017 (menempati peringkat 5) dan untuk mempercepat pelaksanaan persiapan menuju Asian Games. Sejurus dengan itu pula, pada waktu yang bersamaan dibubarkan pula Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

“Jadi Perpres Nomor 95 itu jelas bertujuan untuk pembinaan olahraga di tingkat nasional menuju Asian Games XVIII/2018 Jakarta - Palembang, tidak berbunyi turun ke tingkat provinsi,” ucap Djamhuron. ***

 

Editor : Markon Piliang