logo

Kotak Hasil Pencoblosan Pemilu 2019 Kabupaten Sorong,Terus Dikirim Ke Distrik

Kotak Hasil Pencoblosan Pemilu 2019 Kabupaten Sorong,Terus Dikirim Ke Distrik

Kepala Distrik Aimas, Yuri, S.Sos (kanan) dan Ketua PPD Aimas, Agustinus Rumere SE (kiri) / Foto: skid (Yacob Nauly)
18 April 2019 20:52 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS: Kotak yang berisi surat suara hasil pencoblosan terus di kirim ke masing-masing  distrik (kecamatan) se Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Misalnya, di Distrik Aimas, hingga Kamis  (18/4/2019) jam 6 sore (pukul 18.00),  telah menerima kotak berisi surat suara hasil pencoblosan Pemilu 2019 dari  tujuh   kelurahan. Yaitu, Kelurahan   Klaigit, Malagusa, Malawele, Klafma, Klabilaim, Malawili, Malasom  serta dua Kampung yaitu  Malasum  dan Aimo.

Ketua Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Distrik Aimas, Agustinus Rumere SE, mengatakan, hingga Kamis sore, masih tersisa  tiga kelurahan yaitu Warmon, Mariat Pantai, Mariat  Gunung ditambah dua kampung  yaitu Maibom dan satu kampung lainnya.

Dokumen hasil pencoblosan yang terus berdatangan itu ditampung di Kantor Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

“Mengenai SDM yang ada di PPD,PPS dan KPPS memang  sudah memadai atau sesuai aturan yang ada. Namun  tentu masih harus didorong dengan pendampingan terutama masalah  sejumlah pengisian formulir yang cukup banyak,”kata Rumere kepada Suara Karya di Kantor Distrik Aimas, Kamis (18/4/2019) sore.

Dikatakan Rumere, Distrik Aimas terdiri dari 11 Kelurahan  dan 3 kampung  yang memiliki 126 TPS, PPS, PPD dan KPPS.  

Menurutnya, SDM yang ada di PPS,PPD dan KPPS sudah memenuhi standar menduduki jabatan tersebut karena telah mengikuti Bimbingan Tehnik (Bimtek) yang diadakan oleh KPU.

“Sedikitnya  ada 600 petugas PPD,PPS dan KPPS yang mengikuti Bimtek tersebut. Dan karena terlalu banyak itulah konsentrasi peserta kurang fokus. Akibatnya, banyak di antara  anggota  yang belum paham tentang mekanisme kerja  pada bidangnya,”kata Rumere.

Hambatan utamanya,  seperti pengisian formulir untuk  20 item yaitu,  saksi parpol, saksi untuk Presiden/Wakil Presiden, Saksi untuk DPD dan Panwas.

Diharapkan kotak  yang berisi surat suara yang tercoblos di seluruh distrik Aimas masuk dalam waktu dekat.

“Kami akan segera menggelar pleno  penetapan hasil  pemilu tingkat distrik Aimas setelah semua kotak berisi  surat suara yang sudah tercoblos masuk  di Kantor  distrik,”kata Rumere.

Kepala Distrik (kecamatan) Aimas, Kabupaten Sorong, Yuri  S.Sos, dikonfirmasi  Suara Karya, mengharapkan, agar pleno bisa berlangsung secepatnya.

“Memang  agak  terlambat  karena situasi di lapangan  yang  mengakibatkan hingga Kamis sore ini belum seluruh  kotak  surat suara  dari kelurahan  dan kampung masuk di  kantor distrik Aimas untuk segera diplenokan. Tapi, diharapkan dalam waktu yang tidak lama lagi seluruh Kotak surat  suara tersebut  sudah berada di kantor  Distrik Aimas,”kata Yuri.

Kotak Suara yang sudah masuk dari kelurahan dan kampung-kampung di seluruh distrik  Aimas, ditampung di kantor distrik dijaga oleh gabungan TNI/Polri.

Sesuai data di Kantor Bupati Sorong, terdapat sejumlah distrik di  kabupaten ini  yang menyelenggarakan Pemilu. Informasi  yang diterima suarakarya.id  kotak surat suara yang sudah tercoblos mulai diantar dari kampung-kampung ke kantor distrik masingmasing.   

Distrik (kecamatan) di Kabupaten Aimas  ada 30. Antara lain, distrik  Aimas , BagunBeraurBotainBukHobardKlabot, KlamonoKlasafetKlasoKlawakKlayiliKonhir, Makbon.

Selanjutnya, distrik   Malabotom,  MariatMaudus, Mayamuk , MoisegenSalawatiSalawati  SelatanSalawati Tengah, Sayosa, Sayosa Timur, Saengkeduk, Seget,  Segun, Sorong, Sunook  dan  Wemak. ***

Editor : Pudja Rukmana