logo

Lepas Stigma Begal, Polres Bentuk Satgas Keamanan Desa

Lepas Stigma Begal, Polres Bentuk Satgas Keamanan Desa

Kapolres Lumajang AKBP Arsal Sabhan berikan arahan pada satgas keamanan desa.
30 Maret 2019 10:27 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - Berita media

LUMAJANG:  Polres Lumajang mengadakan pembinaan terhadap 100 orang ketua atau pengurus masing masing desa yang tiap Desanya mengirim perwakilan 1 orang dari seluruh Desa se Kab Lumajang bertempat di amanda Hall Jl. Panjaitan Lumajang.

Setelah terbentuk satgas keamanan desa se-kabupaten lumajang, Polres lumajang melakukan pembekalan secara intensif untuk memberikan bekal kemampuan kepada setiap anggota Satgas, agar memiliki kemampuan standar sebagai relawan keamanan.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH yang dikonfirmasi mengatakan pentingnya pembekalan “Saat ini seluruh desa se-kabupaten lumajang telah terbentuk satgas keamanan desa. Totalnya ada 5.690 orang. Walau sudah terbentuk, belum semua desa mampu mengembangkan kemampuan anggota satgasnya secara mandiri. sehingga perlu kami latih agar memiliki kemampuan standar sebagai relawan keamanan. kami latihkan penanganan problem solving, kemampuan TPTKP, menyampaikan tugas pokok satgas keamanan desa dan materi-materi lainnya yang perlu dipahami oleh setiap anggota satgas keamanan desa.” terang Arsal.

Dengan kemampuan yang dimiliki, mereka akan semakin optimal dalam mengamankan desanya. "Lumajang harus lepas dari stigma kota begal” ujar Arsal kembali

Adapun materi yang disampaikan dalam pembekalan kepada satgas keamanan desa meliputi 6 materi yaitu :

1. Tugas pokok Satgas Keamanan Desa

2. Cara penanganan Problem solving dalam masyarakat

3. Pembekalan Inter Personal Skill

4. Pemahaman tentang minuman keras oplosan dan narkotika lewat mata atau pornografi

5. Dan kemampuan TPTKP

6. Pengenalan dan pembekalan penggunaan HT