logo

Pameran Teknologi Tepat Guna Iringi Wisuda Perdana Di UPN Surabaya

Pameran Teknologi Tepat Guna Iringi Wisuda Perdana Di UPN Surabaya

Wisuda pendamping desa dan pameran teknologi tepat guna. (foto,ist)
20 September 2018 15:58 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - SURABAYA: bersama dengan wisuda perdana pendamping desa Akademi Desa 4.0, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo akan meresmikan Pameran Industri Tepat Guna untuk Desa, di UPN Surabaya Selasa (18/9/2018).

Pameran diadakan UPN Surabaya dan sekitar 31 Perguruan Tinggi di Indonesia lainnya. Ditambah sekitar 70 Perguruan Tinggi mitra Kementerian Desa PDTT, yang siap melayani pendampingan dalam Akademi Desa 4.0 itu.

Ketua Tim Pakar Kemendes PDTT Haryono Suyono menerangkan, para wisudawan itu berasal dari desa-desa. Antara lain Kabupaten Sampang, Sumenep, Malang, Tulung Agung, Blitar di Jawa Timur dan Bali, yang selama beberapa hari di depan pelatihan Akademi Desa 4.0 di Pusat Pelatihan di Bali dan Yogyakarta.

Sebelumnya, kesiapan arif Perdana itu telah meliput kepada Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi oleh Ketua Tim Pakar Haryono Suyono lainnya, Ketua Pusat Pelatihan Kemendes PDTT Helmiyati, dan Tim Palaksana antara lain Jimmy Gani, Abdullah Kamil dan Wakil-Wakil Dirjen dan Lembaga di lingkungan Kemendes PDTT. Dilaporkan juga bahwa bahan-bahan ajar telah dicobakan di berbagai pusat pelatihan dan lapangan di Yogyakarta, Lampung, dan Surabaya serta dianggap memadai.

Sehingga, para peserta yang menerima sertifikat dan akreditasi yang disediakan oleh Lembaga Sertifikasi Nasional di Jakarta. Menurut kepala Perpustakaan Nasional, Moh. Syarif Bando, dalam pertemuannya dengan Ketua Tim Pakar Mendes PDTT, bahan ajar untuk Akademi Desa 4.0 dalam waktu singkat akan disediakan dalam bentuk digital oleh Perpustakaan Nasional.

Agar bisa diakses di sekitar 1742 Perpustakaan Desa, 7000 Pusat Informasi di seluruh kecamatan dan sistem e-library yang dewasa ini bisa mengeluarkan hampir semua desa di Indonesia. Dalam Wisuda Perdana, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo yang didampingi sekitar 70-an Rektor Perguruan Tinggi mitra dan Pimpinan Lembaga yang menjadi mitra Kemendes memberikan “ujian akhir”, juga meresmikan Pameran Tehnologi mutakhir yang tepat untuk diikutsertakan dalam membangun Desa dan masyarakatnya.

Menteri memberikan Pidato penting sebagai bekal punggawa desa dalam menyukseskan target-target pembangunan desa dan masyarakatnya. Guna mengantar keluarga desa mengentaskan kemiskinan dan mengurangi antara keluarga miskin dan keluarga yang lebih mampu.

Peserta yang telah dianggap mahir dari semua pelatihan yang berasal dari berbagai desa dari seluruh Indonesia segera kembali ke desa masing-masing pembangunan BUMDes yang telah dimulai.