logo

Gandeng PT Smelting, BPJAMSOSTEK Gresik Beri Perlindungan 657 Marbot Masjid

 Gandeng PT Smelting, BPJAMSOSTEK Gresik Beri Perlindungan 657 Marbot Masjid

24 November 2021 12:18 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - GRESIK: BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Gresik semakin agresif meningkatkan kesadaran masyarakatnya tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Kali ini mereka berkolaborasi dengan PT Smelting untuk memberi perlindungan terhadap 657 marbot masjid.

Menurut Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik,  M Imam Saputra, melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran), PT Smelting telah memberikan perlindungan kepada para pekerja informal di Kabupaten Gresik. "Kami mengapresiasi kepada  PT Smelting atas perlindungan kepada pekerja rentan di Kabupaten Gresik," ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Melalui GN Lingkaran, Imam berharap semakin banyak pekerja rentan di wilayah kerjanya yang terlindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan. Program ini, kata dia, menjadi salah jaring pengaman sosial bagi masyarakat pekerja rentan. Yang ketika terjadi resiko kecelakaan kerja ataupun meninggal dunia, peserta atau ahli warisnya akan memperoleh manfaat yang optimal.

Jika biasanya CSR yang diberikan berupa barang, atau pembangunan fisik, kata dia, saat ini CSR bisa disalurkan melalui program GN Lingkaran. Lewat program ini, perusahaan bisa berperan dan membantu dalam bentuk non fisik berupa perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja rentan, minimal dalam dua program seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Di tempat yang sama, Perwakilan PT Smelting, Firdaus Fanani, menyatakan bahwa sudah menjadi tugas perusahaannyt untukikut berkontribusi nyata pada masyarakat sekitar, dengan dana Corporate Social Responsibilty (CSR).  "Partisipasi dalam program perlindungan GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu tindakan kongkrit kami dalam mensukseskan program pemerintah sistem jaminan sosial nasional bagi para pekerja rentan di Kabupaten Gresik," ujarnya.

Menurut Imam, donasi CSR dari para stakeholders perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan, dalam mensukseskan pelaksanaan Program Nasional GN Lingkaran sangat membantu mewujudkan kesejahteraan bagi para pekerja rentan di Indonesia. “Inilah bukti negara hadir bersama-sama dengan semua elemen, untuk memastikan no one left behind, because social security is a promise from generation to generation," ujar Imam.

Melibatkan Bidang Kepesertaan dan Bidang Pelayanan, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik, dalam event yang digelar Selasa 923/11/2021) itu juga memberikan sosialisasi terkait Paritrana Award dan GN Lingkaran kepada perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan Gresik. Sosialisasi ini diharapkan dapat  menambah informasi dan awareness perusahaan strategis dalam mengimplementasikan program CSR nya di program GN Lingkaran.***

 

Editor : Markon Piliang