logo

Lima Jenis Tempat Sampah Yang Cocok Diletakkan Di Luar Rumah

Lima Jenis Tempat Sampah Yang Cocok Diletakkan Di Luar Rumah

27 Oktober 2021 20:38 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Keberadaan tempat sampah di luar rumah sering menjadi hal yang tidak pernah diperhatikan. Walau fungsinya hanya sekadar menampung sisa makanan rumahan, tetapi tempat sampah ini punya peran penting. Bila tidak menggunakan tempat sampah yang tepat, bisa-bisa kotoran dan sisa makanan yang kita buang akan berserakan. Jadinya, halaman luar rumah kita pun bisa berantakan.

Lantaran tempat sampah berada di kawasan sekitar rumah, maka akan sangat bijak memilih jenis tempat sampah yang tepat agar kebersihan di area rumah selalu terjaga.

Agar tidak salah pilih, lebih baik simak 5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli tempat sampah di luar rumah berikut ini:

1. Pilih Warna yang Terang

Meski jarang diperhatikan, tetapi pemilihan warna tempat sampah di luar rumah memiliki dampak yang besar. Selain dapat membantu petugas sampah untuk melihat keberadaan tempat sampah, rupanya penggunaan warna terang juga bisa mencerminkan karakter dan citra diri pemilih hunian.

Bila rumah tertata bersih dan rapi, maka menandakan bahwa pemilik rumah senantiasa peduli dalam menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan sekitarnya.

2. Pilih Bahan yang Kuat

Harga tempat sampah dengan bahan kuat memang tidaklah murah. Namun, Anda dapat mempertimbangkan kualitasnya karena bisa lebih tahan lama. Karena diletakkan di luar rumah, maka Anda bisa memilih tempat sampah berbahan fiberglass, yang lebih kuat dan tahan terhadap paparan cuaca ekstrem.

3. Berbentuk Besar dan Tinggi

Keberadaan tempat sampah di luar rumah berfungsi sebagai tempat penampungan sementara, sebelum petugas kebersihan datang mengangkut seluruh sampah rumah tangga. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tempat sampah dengan ukuran besar dan tinggi agar bisa menampung lebih banyak sampah di dalamnya.

Jangan lupa melapisinya dengan plastik sampah sesuai ukuran tempat sampah agar kotoran dan sisa makanan tidak mudah tercecer.

4. Memiliki Roda

 Kalau di dalam rumah, Anda mungkin memakai tempat sampah tanpa tutup dan dengan bahan yang lebih ringan. Namun, untuk tempat sampah di luar rumah, Anda bisa memilih yang beroda untuk mempermudah pengemasan dan pengambilan sampah. Cara ini juga bisa mencegah sampah tercecer dan membuat petugas sampah akan lebih gampang mengambil sampah.

5. Pilih Tutup yang Kuat

Sebaiknya Anda memilih tempat sampah dengan penutup yang tidak mudah lepas untuk mencegah penyebaran bau tidak sedap. Selain itu, tutup yang kuat bisa menghindari munculnya binatang, seperti kucing, semut, kecoa, lalat, dan bahkan belatung, yang kerap hinggap di sisa makanan.Jadi, pastikan Anda memilih tempat sampah dengan tutup yang kuat.

Nah, itu dia 5 hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih tempat sampah di luar rumah. Anda juga bisa memperoleh lima jenis tempat sampah di atas di ruparupa.com, situs e-commerce yang menyediakan berbagai produk rumah tangga dan furnitur berkualitas. Jadi, pastikan untuk selalu memilih peralatan rumah tangga terbaik untuk hunian yang nyaman bersama Ruparupa.com. Selamat berbelanja! ***