logo

Film Animasi Riki Rhino Tembus Pasar Internasional

Film Animasi Riki Rhino Tembus Pasar Internasional

Foto: Istimewa.
27 Oktober 2021 16:26 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Setelah sukses dengan film-film animasi Petualangan Singa Pemberani dan Riki Rhino di awal tahun 2020, Batavia Pictures meneruskan kesuksesan dan popularitas karakter badak Sumatera bernama Riki ke kancah film internasional, serta dalam bentuk media streaming, gaming, dan pengembangan café dan resort park dikemudian hari. 

Peluncuran di gelar pada acara Press Conference Riki Rhino Goes International yang bertempat di Allianz Ecopark Ancol, Rabu (27/10/2021).

Batavia Pictures mengumumkan pencapaian luar biasa ini serta memperkenalkan dua nama artis dari Inggris yang akan mengisi suara Riki dan Beni untuk film Riki Rhino versi internasional. 

Menggantikan Hamish Daud Sebagai Riki adalah aktris cantik Jennifer Castle, yang merupakan jebolan dari RADA (Royal Academy of Dramatic Art) bersama-sama dengan aktor ternama Tom Hiddlestone. 

Jennifer memulai karir dengan film Miss Potter, bersanding dengan Renee Zellwegger dan Ewan McGregor. 

Selanjutnya Jennifer mendalami peran sebagai aktor watak dalam beberapa film seri TV seperti Topsy and Tim, Motherland, dan This Way Up. 

Memerankan Beni adalah aktor Inggris kawakan, Paul Reynolds yang sudah terkenal dengan beberapa film seri TV seperti, Midsomer Murders dan Humans, serta film Eddie The Eagle dan Terminal dimana Paul berakting dengan aktor-aktor kelas dunia seperti, Hugh Jackman, Margot Robbie, Taron Egerton dan Simon Pegg. 

Kedua aktor juga hadir pada acara press conference untuk menyampaikan pesan dan kesan mereka dalam projek terbaru Riki Rhino secara virtual. 

Produser Film Riki Rhino, Lucki Lukman Hakim dan Genesis Timotius, dalam kesempatan ini juga menuturkan bahwa Film Riki Rhino telah sukses menembus pasar internasional yang akan dimulai dari United Kingdom, dan berlanjut di berbagai negara lain seperti America Latin , Africa, Turkey dan Malaysia. Tahap selanjutnya untuk Riki Rhino akan memulai preview dengan beberapa distributor di Hollywood. 

Dikembangkan sebagai film dengan genre komedi keluarga, Riki Rhino sarat dengan pesan kesadaran konservasi yang melibatkan peran keluarga dan dimulai dari anak-anak dan orang tua. 

Bertepatan dengan nilai dan pesan tersebut, Riki Rhino juga akan tersedia dalam format streaming melalui platform aplikasi MAXstream dari Telkomsel. Lucki Lukman Hakim menyampaikan, “Riki Rhino versi International juga dapat ditonton dalam format streaming eksklusif melalui platform video on demand (VoD), MAXstream. Mengingat pentingnya prokes dalam keadaan pandemic seperti saat ini, kita hadirkan Riki Rhino ke rumah Anda mulai 15 November 2021.” 

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, “Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama untuk menghadirkan film Riki Rhino dalam format streaming di platform aplikasi MAXstream. 

Melalui MAXstream, Telkomsel senantiasa konsisten dalam mendorong upaya keberlanjutan membuka lebih banyak kesempatan dan peluang untuk karya konten berkualitas dari para sineas loka bersaing di kancah internasional. 

Kami percaya, pengayaan konten kreatif anak negeri akan semakin dapat memberikan hiburan terbaik yang dapat dinikmati dimana pun dan kapan pun 

Seiring dengan perkembangan trend dan gaya hidup, Riki Rhino juga turut dikembangkan ke dalam berbagai bentuk entertainment. 

Produser Genesis Timotius menambahkan rencana untuk Riki Rhino yang akan menjadi karakter game

“Saat ini kita sedang develop Riki Rhino ke dalam bentuk game yang nantinya akan kita launch untuk Nintendo Switch.

"Selain itu, film Riki Rhino tidak berhenti hanya sebagai film lepasan saja. Untuk film terus akan kita kembangakan rencananya sampai 4 film, karena rencana jangka panjang ini, untuk itu mengembangkan karakter ini ke format lain yang tidak terbatas pada format movies.” Lanjut Genesis Timotius. 

Upaya mengakomodasi dan pengembangan karakter Riki Rhino menjadi karakter kesayangan keluarga kelas dunia berlanjut dengan kerjasama Batavia Pictures dengan pihak PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. 

Tidak cukup Riki Rhino hadir dalam berbagai format dunia maya seperti bioskop, televisi dan dalam format game, Riki Rhino akan hadir dalam dunia nyata berbentuk restoran keluarga, café dan resort yang sepenuhnya bertema Riki Rhino dan karakter lainnya. 

Produser Genesis Timotius kembali memberikan visi nya akan Riki Rhino.“Disini lah kita menyambungkan fantasi anak-anak bermain 

Bersama Riki Rhino tidak hanya sebatas visual, tapi juga tersedia juga merchandisenya, dan yang kita harapkan karakter ini akan semakin melekat pada hati anak-anak Indonesia dan semoga, kelas dunia.” 

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Bapak Teuku Sahir Syahali, yang turut hadir pada Press Conference pada hari Rabu 27 Oktober 2021 juga menyampaikan intensi dan dukungan pada ide thematic resort.

“Sudah menjadi impian lama ancol yang untuk mendukung IP Local, kami sangat bangga atas kreatifitas dari team Batavia Pictures, dan tentunya dengan Riki Rhino yang mencapai dunia internasional, untuk itu kami sangat senang mewujudkan impian ini dalam bentuk tema restoran keluarga, café dan resort di dalam Kawasan Ancol.

”Ini merupakan langkah awal dari rencana kedepan Ancol untuk mengembangkan Theme Park berbasis pengembangan IP yang bekerjasama dengan Batavia Pictures.

Film Riki Rhino yang merupakan realisasi dari interpretasi Badak Sumatera yang juga merupakan lambang dari Larutan Penyegar cap Badak dari Sinde memiliki semangat yang sama dalam hal 

pelestarian satwa langka dan meningkatkan kejayaan industri kreatif lokal. Tahun 2021 ini memberikan semangat baru baru Riki Rhino dengan terobosan kelas dunia dan transformasi dari dunia maya ke dunia nyata. 

Saksikan film besutan Sutradara Erwin Budiono ini di Maxtream mulai 15  November 2021.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH