logo

PON XX Papua > Klasemen Medali: Jabar Segel Juara Umum, Jatim Dan Jakarta Berebut No 2

PON XX Papua > Klasemen Medali: Jabar Segel Juara Umum, Jatim Dan Jakarta Berebut No 2

13 Oktober 2021 23:49 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Tidak ada lagi basa-basi. Rabu (13/10/2021) Jawa Barat telah menyegel gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua.

Meskipun PON XX masih akan berlangsung dua hari lagi sebelum ditutup Jumat (15/10/2021) oleh Wakil Presiden RI Makruf Amin namun Jabar sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh rival beratnya Jawa Timur maupun Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Setelah tercecer di posisi dua dan tiga maka Jatim dan Jakarta kini berkutat untuk memperebutkan posisi dua. Pasalnya Jatim yang unggul … emas masih mungkin dikejar oleh Jakarta.

Dengan mempertahankan gelar juara umum yang diraihnya pada PON XIX Tahun 2016 saat menjadi tuan rumah, Jabar bukan saja membuktikan diri bukan jago kandang namun juga mencatat sejarah baru.

Jabar menjadi satu-satunya provinsi yang mampu mengukir gelar juara umum secara beruntun sejak bergulirnya era reformasi di Indonesia tahun 1998.

Prestasi membanggakan ditorehkan Jabar setelah pada hari kesepuluh persaingan perburuan medali dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, Minggu (2/10/2021) lalu.

Seperti tidak mengenal lelah mendulang emas demi emas, Jabar  mengungguli Jawa Timur dan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Tak pelak lagi Jabar terus membuat Jatim dan Jakarta tercecer di posisi kedua dan ketiga.

Jabar berhasil menambah 18 emas. Sedangkan saingan beratnya Jatim dan Jakarta hanya menambah masing-masing sembilan emas.

Tambahan itu membuat Jabar makin kokoh memimpin klasemen sekaligus menyegel juara umum dengan raihan  126 emas 97 perak, dan 110 perunggu. Jabar tidak mungkin lagi dikejar Jatim maupun Jakarta yang masih tetap berada di posisi kedua dan ketiga.

Jatim mengoleksi 105 emas 86 perak, dan 79 perunggu. Sedangkan Jakarta 100 emas, 86 perak, 96  perunggu.

Tuan rumah Papua berada di posisi keempat dengan 87 emas, 60 perak, dan 99 perunggu. Masih unggul jauh atas Bali yang berada di urutan lima dengan 28 emas, 24 perak dan 50 perunggu.

Lebih manis lagi  di cabangbulu tangkis yang mempertandingkan lima nomor final perorangan,

Jabar meraup tiga medali emas, masing-masing melalui Saifi Riska Nurhidayah dari nomor tunggal putri, Panji Ahmad Maulana di tunggal putra, dan pasangan ganda putra Pramudia Kusumawardana/Muhammad Shohibul Fikri.

Dua nomor final lainnya diborong oleh Jatim lewat Rehan Naufal Kusharjanto/Marsheilla Gischa Islami di nomor ganda campuran, serta Febriana Dwi Puji Kusuma/Marsheilla Gischa Islami pada ganda putri.

Aliran medali emas bagi kontingen Tanah Pasunda ini juga datang dari berbagai cabang, salah satunya angkat berat yang tiga lifternya merebut emas, yakni Imam Syahrudin di kelas 105 kg putra, Maria Simanjuntak kelas 84 kg putri dan Aneu Veronika di kelas 72 kg putri.

Demikian juga di cabang catur, Jabar menjadi juara di nomor bergengsi beregu standar putra, perorangan standar putri atas nama Irine Sukandar, dan beregu standar putri.

Di antara cabang yang menjadi kunci kesuksesan Jabar adalah dayung yang telah menyelesaikan lomba terakhirnya hari Rabu ini.

Dari 40 keping medali emas yang disediakan di cabang dayung, Jabar secara keseluruhan mengumpulkan 20 medali emas, termasuk emas di nomor perahu naga 22 kru jarak 500 meter campuran yang dilombakan di hari terakhir.

Bahkan, Jabar berpeluang untuk menambah medali emas pada nomor-nomor final yang dipertandingkan Kamis (14/10), di antaranya di cabang atletik, renang, angkat berat, bola tangan, selam, dan karate.

Hari Rabu ini juga menjadi hari yang menggembirakan bagi kontingen Kalimantan Utara, yang akhirnya meraih medali emas.

Atlet menembak Kaltara Nasruddin mempersembahkan emas pertama bagi daerahnya dengan menjuarai nomor individual skeet putra.

Dengan demikian, dari 34 provinsi peserta PON XX Papua, tinggal Maluku Utara dan Sulawesi Barat yang belum kebagian medali emas. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH