logo

Antisipasi Korupsi Sama Saja Dukung Berbagai Pembangunan

Antisipasi Korupsi Sama Saja Dukung Berbagai Pembangunan

Jaksa Agung Burhanuddin
13 Oktober 2021 23:04 WIB
Penulis : Wilmar Pasaribu

SuaraKarya.id - JAKARTA:  Jaksa Agung Burhanuddin mengingatkan jajarannya untuk mengamankan proyek-proyek strategis nasional. Untuk Provinsi Jawa Tengah salah satunya proyek pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu Batang Jawa Tengah dan Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak seksi 1 Jawa Tengah.

“Perlu melakukan deteksi dini potensi hambatan yang akan mengganggu keberlangsungan kegiatan atau pelaksanaan proyek yang cukup vital itu,” kata Jaksa Agung dalam kunjungan kerja di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, mengantisipasi celah yang memungkinkan terjadinya korupsi sudah cukup menunjukan adanya peran Kejaksaan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bangsa. Untuk itu, dia meminta seluruh jajarannya untuk memelihara semangat luhur yang terkandung dalam Restorative Justice dan jangan mencederai kepercayaan masyarakat dengan memperjual-belikan keadilan serta menyalahgunakan kewenangan. “Perlu tiada henti mensosialisasikan peran Kejaksaan dalam peradilan umum kepada masyarakat melalui sarana yang tersedia,” tuturnya.

Mengenai penanganan korupsi, Jaksa Agung mengapresiasi penyelidikan dan penyidikan yang telah dilakukan jajaran Kejati Jawa Tengah dan tetap memotivasi satuan kerja yang belum mengungkap tindak pidana korupsi di wilayahnya. Burhanuddin juga meminta bidang Pidsus dan Datun untuk meningkatkan sinergitas guna percepatan penghapusan piutang negara eks perkara korupsi di lingkungan Kejati Jawa Tengah. “Penting  memahami Pedoman Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Kejaksaan,” katanya mengingatkan.

Tidak itu saja, Jaksa Agung  juga mengingatkan fungsi penting Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam mendukung percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). “Perlu dibangun koordinasi dengan stakeholders,” tuturnya kemudian mengingatkan jajaran bidang Pengawasan untuk segera menindaklanjuti laporan pengaduan yang masuk. Diingatkan, jangan dibiarkan berlarut-larut hingga menjadi tunggakan.

Jaksa Agung yang didampingi Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana dan Kajati Jawa Tengah Prianto, dalam kunjungan kerjanya menyempatkan berkunjung ke Kejaksaan Negeri Semarang dan ke Kejaksaan Negeri Brebes dan Pekalongan.***

 

Editor : Gungde Ariwangsa SH