logo

Fadli Padi, Sejak Pandemi Tekuni Binis Merpati Kolong

Fadli Padi, Sejak Pandemi Tekuni Binis Merpati Kolong

Fadli temui Ganjar bersama komunitas Merpati Kolong. (Istimewa)
13 Oktober 2021 10:39 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir dua tahun, memang bisa merubah sikap hidup seseorang. Pentolan group band Padi Reborn, Fadli, misalnya tiba-tiba saja nmengagetkan orang karena bisnis barunya terkait Merpati Kolong, tidak ada kaitannya dengan musik yang telah membesarkan namanya.

Sehubungan kecintaan barunya itu, Fadli juga diketahui mendadak mengunjungi rumah dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Kota Semarang, Senin (11/10/2021) malam. Bukan membahas soal musik, karena Fadli datang bersama teman-teman barunya, yakni komunitas Merpati Kolong.

Merpati Kolong? Benar! Sejak pandemi melanda, pria bernama lengkap Andi Fadly Arifuddin itu memiliki hobi baru, yakni ternak burung merpati. Ganjar Pranowo yang tidak tahu Fadli memiliki hobi burung merpati tentu terkejut dengan obrolan malam itu.

Ia tak menyangka, Fadli yang terkenal dengan suara emasnya kini berkecimpung dalam hobi yang tak disangka-sangka. "Aku gumun tenan lho (saya heran benar lho), kok mainannya burung sekarang. Aku kira mau ngobrol soal musik, tiba-tiba malah ngomong soal Dara (burung merpati)," kata Ganjar keheranan.

Fadli mengaku, mulai intensif menekuni hobi merpati sejak awal pandemi. Ia mengatakan, semula tertarik karena di dekat rumahnya banyak warga hobi merpati.

"Kemudian saya pengin belajar, dan katanya kalau mau belajar serius harus berguru ke Jawa Tengah, karena pusatnya burung merpati kolong ada di Tegal dan Pekalongan. Kemudian saya datang dan ketemu dengan teman-teman ini," ucapnya.

Obrolan gayeng terjadi dalam pertemuan itu. Ganjar yang masih belum percaya kalau Fadli memiliki hobi burung merpati kerap menggodanya. Salah satunya memberikan julukan baru pada Fadli.

"Tapi njenengan masih nyanyi kan mas? Saya khawatir, orang dulu kenalnya Fadli Padi, sekarang jadi Fadli Dara," candanya.

Kepada Fadli, Ganjar juga mengatakan, suka dengan burung merpati. Dulu saat kecil di Purworejo, ia selalu bermain merpati bersama teman-temannya. "Saya waktu SD main merpati. Ngepleki burung itu. Kalau di tempat saya dulu namanya Tomprang. Ternyata itu ada komunitasnya ya?" tanya Ganjar penasaran.

Fadli menjelaskan, suka dengan merpati kolong karena akrobatik yang ditunjukkan. Merpati kolong juga bisa dikatakan olahraga ketangkasan asli Nusantara.  Selain itu, saat kecil ayahnya juga sudah berkecimpung dengan dunia merpati dengan membudidayakan merpati hutan untuk kemudian dilepasliarkan kembali. Kisah masa kecilnya itu, yang membuatnya terinspirasi.

"Dan saat saya ketemu teman-teman komunitas ini, mereka ternyata hebat-hebat dan pengin ketemu pak Ganjar. Akhirnya malam ini bisa ketemu dan kami sangat senang sekali karena pak Ganjar responnya luar biasa," ucapnya.

Fadli menyebut, dirinya ingin membentuk komunitas resmi pecinta merpati kolong. Sebab selama ini, pecinta merpati kolong belum memiliki wadah yang sesuai. Selain itu, merpati kolong bukan hobi biasa. Perlu ketangkasan, keuletan dan ada tata cara merawatnya. Malam itu, ia juga membawa salah satu temannya yang telah berhasil menjual merpati kolong seharga Rp1,5 miliar.

"Jadi ini memang bukan hobi sembarangan, karena semuannya ada tata caranya. Harapan teman-teman komunitas ini, kami bisa punya legitimasi dari organisasi dan hal-hal lainnya. Memang pesan pak Ganjar tadi harus dirapikan, mulai peternakan sampai lainnya. Kami akan berupaya mewujudkan itu. Dan saya bahagia bisa ketemu pak Ganjar. Responnya positif sekali. Sesuatu hal yang membahagiakan," pungkasnya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto