logo

PON XX/2021 Papua > Sepakbola: Bertemu Aceh Di Final, Papua Hampir Pasti Juara

PON XX/2021 Papua > Sepakbola: Bertemu Aceh Di Final, Papua Hampir Pasti Juara

Pemain belakang Kalimantan Timur memprotes wasit yang memutuskan titik putih untuk kesebelasan Papua di Stadion Mandala Jayapura. selasa (12-10-2021), Papua melangkah ke babak final menang dengan skor 5-1 atas Kalimantan Selatan. (Foto: PB PON XX Papua/Silvester Korwa)
12 Oktober 2021 17:35 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Bertemu kesebelasan Aceh di final hampir dapat dipastikan Papua juara cabang olahraga sepakbola putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 Papua.

Papua diunggulkan besar untuk mengalahkan Aceh di final yang akan berlangsung Kamis (14/10/2021) di Stadion Mandala, Jayapura, pukul 19.00 WIT.

Selain tampil di hadapan para pendukunya yang fanatic, Papua juga sudah pernah menaklukkan Aceh 1-0 di babak penyisihan grup.

Dalam sejarah sepakbola PON, pertemuan Aceh kontra Papua menjadi laga ulangan final PON 1993 Jakarta, yang berakhir dengan kemenangan Papua.

Tak pelak lagi kejutan Aceh mendepak salah satu tim favorit, Jawa Timur akan mempermulus tuan rumah untuk menjuarai sekaligus merebut medali emas sepakbola putra dalam pesta di Bumi Cendrawasih.

Kemenangan 2-1 atas Jatim mengantar Aceh ke final untuk menantang Papua yang melaju ke partai puncak dengan mencukur Kalimantan Timur 5-1, Selasa (12/10/2021).

Aceh melangkah ke final setelah membuat kejutan menyingkirkan Jawa Timur 2-1 dalam pertandingan semifinal di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura.

Dua gol kemenangan Aceh dicetak Akhirul Wadhan dan Muzakkir. Balasan Jatim dicetak melalui Dwiki Mardiyanto.

Sedangkan Papua tampil ganas dengan membabat Kalimantan Timur 5-1 dalam semifinal di Stadion Mandala, Jayapura, pada hari yang sama.

Satu-satunya gol Kaltim juga datang dari bunuh diri  bek Papua Ari Wakum.

Papua mengoyak jala Kaltim gol demi gol lewat Ricky Ricardo Cawor (2 gol), I Nyoman Nikson Ansanay, M. Arody Uopdana dan Samuel Gideon Balinsa. ***