logo

Abdi Dalem Keraton Surakarta Menjadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Abdi Dalem Keraton Surakarta Menjadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Abdi dalem Keraton Surakarta mendapat suntikan vaksin Covif-19 dosis pertama
21 September 2021 03:22 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Abdi dalem Keraton Surakarta Hadiningrat, mengikuti vaksinasi massal di Keraton Surakarta, Senin (20/9/2021). Sebanyak 3.000 abdi dalem keraton bersama ribuan peserta vaksinasi Covid-19 dari masyarakat umum dan pelajar mengikuti vaksinasi dosis pertama.

"Senang akhirnya bisa mendapat vaksin, karena di daerah saya di Kartasura, Sukoharjo saya belum terdaftar," ujar salah satu abdi dalem, Haryanto (70).

Hal senada juga diungkapkan abdi dalem lainnya, Narto Tukiman (70).Warga Joho Sukoharjo tersebut juga mengaku tidak terdaftar di derah asalnya.

"Senang ya bisa divaksin di keraton, karena di daerah saya di Sukoharjo saya tidak terdaftar. Akhirnya bisa divaksin juga," ujar Narto Tukiman.

Menurut Narto, abdi dalem keraton yang sudah mengabdi 15 tahun sebagai prajurit tersebut dirinya sudah menunggu untuk mendapatkan vaksin. Baru mendapat kesempatan hari ini.

Vaksinasi Covid-19 di Keraton Surakarta yang diselenggarakan keraton bekerjasama dengan Pemkot Solo, RS Tentara Slamet Riyadi,  PMI Solo, serta Salim Group tersebut tidak hanya menyasar warga ber -KTP Solo saja tetapi juga abdi dalem keraton yang berasal dari luar Kota Solo.

Jumlah peserta vaksinasi ditargetkan mencapai 15.000 orang yang dilakukan selama 15 hari sehingga setiap hari sebanyak 1.000 peserta dilayani. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.000 peserta dari abdi dalem keraton, serta 8.000 dari pelajar.

"Kami selaku penyelenggara sangat senang karena mendapat izin Wali Kota Solo, sebanyak 3.000 peserta diperbolehkan dri abdi dalem, sentono dan kerabat keraton meskipin bukan KTP Solo. Tapi beraktivitas atau berkegiatan di sekitar kompleks keraton," jelas Koordinator Penyelenggara Vaksinasi Covid-19 Keraton Surakarta, RAy Febri Hapsari Dipokusumo.

Menurut Febri, masih banyak warga yang berkegiatan di sekitar keraton yang belum mendapat vaksin. Seperti penarik becak, penjual suvernir, guide lepas serta abdi dalem keraton yang berasal dari daerah perbatasan atau luar Kota Solo.

Sementara itu, capaian vaksinasi di Kota Solo saat ini mencapai 107 persen dari target sasaran yakni 417.151. Jumlah tersebut tidak hanya penduduk ber KTP Solo tapi juga luar Kota Solo. Untuk warga ber KTP Solo yang sudah tervaksin 82 persen.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut berharap dengan serbuan vaksinasi di Keraton Surakarta ini,  mempercepat vaksinasi Covid-19 di Kota Solo.

"Pesertanya juga dari penduduk Kota Solo dan sekitar Solo. Abdi dalem juga divaksin, harapannya tempat pariwisata di Kota Solo bisa pulih bisa dibuka kembali tapi dengan protokol kesehatan (prokes) ketat," ujarnya.***