logo

Ratusan Warga Solo Rela Antre Demi Isi Oksigen Gratis

Ratusan Warga Solo Rela Antre Demi Isi Oksigen Gratis

Warga antre untuk mengisi oksigen gratis di Loji Gandrung Solo
31 Juli 2021 22:26 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Sejak pukul 08.30 WIB, ratusan warga Kota Solo mendatangi Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo, Sabtu (31/7/2021). Sambil membawa tabung oksigen, mereka rela antre untuk pengisian oksigen gratis yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama Korem 074/Warastratama dan distributor gas PT Langgeng Gas Njata itu.

Tidak semua warga bisa dilayani, karena syaratnya hanya warga yang ber KTP Solo saja. Meskipun antusiasme warga tinggi tetapi menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Sebelum diperbolehkan masuk ke halaman Loji Gandrung, petugas memeriksa KTP warga. Selanjutnya mereka dipersilahkan masuk ke halaman dan duduk di kursi yang sudah disediakan dengan jarak yang sudah diatur.

"Kalau melihat antusiasme warga seperti ini bisa kita buat setiap hari. Tapi nanti biar diatur Pak Danrem," jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di sela meninjau pengisian oksigen gratis kepada masyarakat di Loji Gandrung.

Menurut Gibran, pengisian oksigen gratis untuk warga Solo tersebut fokus untuk warga yang membutuhkan oksigen. Terutama bagi warga yang menjalani rawat jalan karena menderita sakit seperti kanke paru, asma serta jantung.

"Mereka juga membutuhkan oksigen, saat ini mereka cari oksigen juga susah dan mahal. Makanya kita bantu, siapa saja boleh ikut asalkan warga KTP Solo," jelasnya lagi.

Gibran menegaskan bantuan pengisian oksigen gratis teraebut berasal dari donatur. Pihaknya juga tidak khawatir akan disalahgunakan, karena ini untuk kebutuhan pribadi. Warga juga membawa tabung sendiri-sendiri.

"Nek ono sing ngedol meneh, laporke aku (kalau ada yang menjual lagi, laporkan ke saya)," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Solo, Siti Wahyuningsing menambahkan selain untuk warga, pengisian oksigen gratis dari PT Langgeng Gas Njata tersebut juga akan diberikan ke sejumlah rumah sakit (RS) di Solo.

"Jadi ini kerja bareng pemkot, PT Langgeng sama TNI kita bantu masyarakat yang sangat membutuhkan. Ini nanti juga ada bantuan ke RS. Untuk hari ini infonya untuk 200 tabung," katanya.

Salah satu warga Sudiroprajan, Yosi Natalia, mengaku sangat terbantu dengan pengisian oksigen gratis ini. Sebab sejak dua minggu terakhir untuk mendapatkan oksigen dirinya merasa kesulitan.

"Senang banget apalagi gratis dan syaratnya juga gampang hanya tinggal nunjukin KTP Solo saja. Ini untuk ibu saya, dia isolasi mandiri (isoman) semalam dia pake oksigen dan hari ini habis," pungkasnya. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH