logo

Pemuda Uwen Pantai Taniwel Timur Gelar Kegiatan Positif, Patut Ditiru

Pemuda Uwen Pantai Taniwel Timur Gelar Kegiatan Positif, Patut Ditiru

Pemuda, Pemudi Uwen Pantai.Kecamatan Taniwel Timur, Kabupaten SBB, Provinsi Maluku
31 Juli 2021 22:19 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - UWEN PANTAI TANIWEL TIMUR, MALUKU: Para pemuda-pemudi di Jazirah Uwen Pantai, kecamatan Taniwel Timur Kabupaten SBB, Provinsi Maluku, Sabtu (31/7/2021) bersama aparat kepolisian setempat dan sejumlah stakeholder menggelar  acara tatap muka membahas (bacarita) tentang Kamtibmas.

Juga,bacarita (bercerita)  terkait interaksi pemuda-pemudi pembawa perubahan, menciptakan masa depan  yang  sejahtera di Jazirah Uwen Pantai, kecamatan Taniwel Timur, kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku.

Kegiatan ini dihadiri oleh: Kapolsek Taniwel Timur, Ipda  Joel Mauwa, sekaligus sebagai pembicara (Pemateri);  Ketua Persekutuan  Keluarga Besar  UTOSOMUA, Anjelin Meute dan Ketua Cabang AMGPM Talenta 1, Rici  Anakotta S.Pd. Juga,  ketua-ketua Pemuda Uwen Pantai, Tounussa, Solea, Musihuwei, Warloin, dan Walakone.

Banyak cara dan solusi dalam meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan kampung-kampung. Salah satunya adalah melalui 3 Pilar.

Seperti di Uwen Pantai, Kecamatan  Taniwel, Kabupaten SBB, keberadaan 3 Pilar menjadi tempat diskusi tentang penguatan menyangkut keamanan lingkungan dan roda Pemerintah Kampung/ Desa.

Banyak persoalan yang ditimbulkan masyarakat berujung pada laporan polisi. Dengan berdirinya 3 pilar ini merupakan solusi terbaik untuk meminimalisir terjadinya konflik dari masyarakat yang berujung ke polisi.

Sebab, setiap persoalan yang ditimbulkan masyarakat itu sendiri, bisa diselesaikan di 3 pilar melalui musyawarah mufakat antara yang bersangkutan. Karena di dalamnya terdapat Babinkhantibmas, Babinsa, Tokoh Masyarakat -  Aparat Kampung (3 Pilar).

Dengan adanya kerja sama lintas institusi seperti, melalui 3 pilar maka bisa dijamin angka kriminalitas akan menurun. Bahkan, untuk koordinasi program pemerintah dapat dijalankan dengan efektif meski dilakukan lintas wilayah provinsi sekalipun.

Selain itu  3 pilar dapat mempererat hubungan antara pemerintah daerah dengan aparat keamanan. Dari tingkat Kampung hingga tingkat pusat, serta membangun sinergi untuk mewujudkan Indonesia yang aman, adil dan makmur.

Kegiatan  positif para Pemuda Uwen Pantai, ini patut ditiru pemuda-pemudi di tanah air. Maksudnya, untuk, memelihara Kamtibmas di daerah atau desa-desa, kampung, lurah  masing-masing di tanah air, Indonesia. (Sumber : facebook,  Anes Anakotta-Komunitas Masyarakat Mauly)  ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH