logo

TNI AL Lancarkan Serbuan Vaksinasi Dan Edukasi Masyarakat Terapkan Prokes

TNI AL Lancarkan Serbuan Vaksinasi Dan Edukasi Masyarakat Terapkan Prokes

Dispen Koarmada III
31 Juli 2021 15:26 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG: Tentara Nasional Indonesia  (TNI) Angkatan Laut  (AL), terus melancarkan “ Serbuan Vaksinasi dan Edukasi Masyarakat di Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara”  untuk tetap  menerapkan protokol Kesehatan (Prokes) termasuk menerima vaksinasi Covid-19.

 Dalam  kegiatan  ini Komando Armada III bersinergi dengan satuan TNI lainnya dan Polri serta Pemerintah Daerah. Untuk,  melaksanakan beberapa kegiatan dalam upaya menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat level 4 ke level 3 di wilayah Papua Barat. Khususnya,  Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong dan sejumlah daerah di wilayah kerja Koarmada III.

Hal tersebut disampaikan  Kepala Staf Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., pada rapat evaluasi pemberlakuan PPKM Level 4 di Kota Sorong.  Dan, penerapan PPKM level 3 dan level 2 wilayah Provinsi Papua Barat.

Kegiatan  itu, di Hotel Vega Jl. Frans Kaisiepo, Malaingkedi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (30/07/2021).

Komando Armada III dan jajaran melancarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim secara masif, baik di perkotaan maupun di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau.

 Jajaran Koarmada III, yaitu Diskes Koarmada III melaksanakan serbuan vaksinasi di wilayah Kota dan Kabupaten Sorong, Guspurla dan Guskamla Koarmada III melaksanakan vaksinasi di pulau-pulau kecil terluar.

Sementara itu Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III, yakni : Lantamal IX Ambo;  Lantamal X Jayapura; Lantamal XI Merauke;  Lantamal XIV Sorong; Fasharkan Manokwari ;  Lanal Saumlaki;  Lanal Morotai; Lanal Biak;  Lanal Tual; Lanal Ternate; Lanal Timika dan Lanal Aru. Semuanya, melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di wilayah kerjanya masing-masing.

Koarmada III dan jajaran juga mengerahkan 73 Babinpotmar mengedukasi masyarakat dan melaksanakan tugas penegakan Protokol Kesehatan, penyekatan dan tracer secara persuasif. Yakni, untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat.

Pelaksanaan vaksinasi dan membangun kesadaran masyarakat secara persuasif dilaksanakan paralel. Prajurit Koarmada III dan jajaran melaksanakan “Jemput Bola”. Seperti, dilakukan di pulau-pulau kecil yang belum ada transportasi dan listrik.  Maka, Koarmada III menyiapkan transportasi antar jemput dan listrik untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Menurut Kepala Staf Koarmada III, serbuan vaksinasi masyarakat maritim sesuai Program Nasional dan Instruksi Bapak Presiden Joko Widodo, perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Dan, arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M.

 Koarmada III bersinergi satuan TNI lainnya dan Polri, Pemerintah Daerah, untuk  terus melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di daerah pesisir. Dan, pulau-pulau kecil yang tidak dapat dijangkau transportasi darat dan udara.

Pemberlakukan PPKM Darurat di delapan provinsi, termasuk Papua Barat sejak tanggal 12 Juli hingga 2 Agustus 2021. Dalam rapat tersebut, dipaparkan perkembangan positif situasi wilayah Papua Barat yang diberlakukan PPKM Darurat.

 Berbagai upaya telah dilaksanakan akan semakin diintesifkan untuk menurunkan PPKM level 4 ke level 3. Pada rapat tersebut juga hadir Wakil Gubernur Papua Barat Drs. Muhamad Latakoni, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han)., Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK., M.SI., Danrem 181/Praja Vira Tama Brigjen TNI Indra Heri, S.E., dan sejumlah pejabat Forkopimda Provinsi Papua Barat lainnya. (Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P) ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto