logo

Kemensos Gelar Webinar Hari Anak, Dari Anak Oleh Anak Untuk Anak

 Kemensos Gelar Webinar Hari Anak, Dari Anak Oleh Anak Untuk Anak

Webinar Hari Anak Nasional.(foto,ist)
21 Juli 2021 22:15 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar webinar berkonsep "Dari Anak, Oleh Anak, Untuk Anak", dari Jakarta, Rabu, (21/7/2021)).

Acara ini secara keseluruhan melibatkan anak-anak mulai dari moderator, narasumber, penampilan hiburan, hingga penonton seluruhnya anak-anak.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial (Dirjen Rehsos) Harry Hikmat mengatakan, kegiatan ini hadir untuk mengisi waktu anak-anak di rumah saat pandemi seperti sekarang.

"Kehidupan anak-anak sekarang berbeda sekali dari sebelum pandemi yakni kini aktivitas di luar rumah dibatasi. Sesuai arahan Kak Risma, Menteri Sosial kita, Hari Anak jangan momentum hari-H saja, tapi diisi juga dengan kegiatan yang positif antara lain webinar ini," tuturnya, menjelaskan kepada anak-anak.

Melalui webinar, lanjutnya, anak-anak dapat menuangkan ide-ide, mengekspresikan dan menyampaikan gagasan, serta mendiskusikan berbagai hal. Webinar bertema "Berteman di Masa Pandemi Covid-19" ini diikuti oleh total sedikitnya 900 peserta terdiri dari anak-anak dari berbagai wilayah di Indonesia, baik melalui aplikasi Zoom Meeting maupun siaran langsung melalui akun Youtube Kementerian Sosial.

"Ini (webinar) merupakan rangkaian Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Kemensos juga akan mengadakan serangkaian acara lainnya secara daring mengingat suasana masih PPKM Darurat," terang Harry.

Sebanyak tujuh narasumber representasi dari anak-anak, dari berbagai latar belakang terdiri dari Hati Bening Asy-syahidah (pemain biola), Febriyanti Prayitno (pencetak skor terbanyak di Jambore Anak 2019), Rangga Arya Sandika (mantan pemenang Taekwondo), Dandi Resando (siswa berprestasi asal Kota Semarang yang pernah ikut program UNICEF), Dodi Tanoga (Yayasan Kampus Diakoneia Modern), Jason (Yayasan Kampus Diakoneia Modern), Roudhotul Esa Maharani, serta dimoderatori oleh Nabila (siswa SMP di Jakarta).

Mereka membagi pengetahuan dan pengalaman seputar tips berkomunikasi dengan teman di masa pandemi, perilaku perundungan dan cara terhindar dari perilaku perundungan, pertemanan tidak sehat (toxic friendship), serta tips menjauhi pergaulan negatif.

Sejalan dengan para narasumber, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau Kak Seto menyampaikan pesan pada anak-anak, agar turut menjaga diri masing-masing, untuk tidak masuk dalam perilaku-perilaku negatif.

"Jaga hubungan yang harmonis dengan orang tua. Untuk para orang tua juga saya berpesan untuk mendampingi anak-anak kita tercinta. Anak-anak agar menambah wawasan dengan berbagai pengetahuan, hindari menonton konten-konten negatif, kembangan bakat dan minat, kerjalan kegiatan-kegiatan sosial. Selalu berprestasi dan belajar mencapai cita-cita," ungkap Kak Seto dalam pesannya.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto