logo

Mantul! Dukcapil Raih 10 Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2021

Mantul! Dukcapil Raih 10 Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2021

20 Juni 2021 23:45 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipiln (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Dinas Dukcapil di bawahnya meraih 10 penghargaan inovasi pelayanan publik 2021 dari KemenPAN-RB.

Data yang diterima wartawan pada Minggu (20/6/2021), sejumlah penghargaan tersebut meliputi: pertama adalah Top 15 Kelompok Khusus, kedua Top 15 Kelompok Replikasi, dan ketiga Top 99.

Berikut adalah daftar inovasi dan pemrakarsa yang meraih penghargaan tersebut:

A) Peraih Top 15 Kelompok Khusus:

1. Dukcapil Kota Surakarta dengan produk inovasi 'KUWALAT SILA KIA'

 2. Dukcapil Provinsi Kaltara dengan produk inovasi 'SIPELANDUK KILAT'

B) Peraih Top 15 Kelompok Replikasi:

1. Dukcapil Kota Magelang dengan produk inovasi 'SI BULAN'

2. Dukcapil Kota Bekasi dengan produk inovasi 'e-OPEN'.

3. Dukcapil Kabupaten Kotawaringin Barat dengan produk inovasi 'SIDA KAM KOBAR'.

4. Dukcapil Kabupaten Banjar dengan produk inovasi 'JEMPOL PELANDUK'.

C) Top 99

1) Dukcapil Kabupaten Karanganyar dengan produk inovasi, 'PAK TUJI'.

2. Dukcapil Kota Denpasar dengan produk inovasi, 'AKU WARAS'.

3. Dukcapil Kota Pasuruan denga produk inovasi, 'PASTI DAKU KAWIN'.

4. Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan produk inovasi bernama 'D’SIGN' (Digital Signature Dukcapil).

Dengan rincian tersebut, maka ada 10 produk inovasi Dukcapil yang meraih penghargaan inovasi pelayanan publik 2021 dari Kementerian Pendayahunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Terkait capaian prestasi tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan kepada pers, pihaknya memanjatkan rasa syukur atas penghargaan dan apresiasi tinggi yang diterima dari KemenPAN-RB serta telah melaporkan capaian ini kepada Mendagri Prof Muhammad Tito dan Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, serta Kaban BPP Agus Fatoni.

"Mohon doa dan dukungan Bapak Menteri dan bapak/ Ibu JPT Kemdagri agar inovasi ini bisa lolos Top 45 dan Top 5," kata Zudan mengutip laporannya.

Capaian ini, menurut Dirjen Zudan, menjadi potret keberhasilan kinerja pada pelayan masyarakat di Dukcapil.

"Sebagaimana sering saya tanamkan kepada jajaran di pusat dan juga di daerah bahwa sejatinya ruh Dukcapil adalah pelayanan dan inovasi," tandas Prof Zudan.

Kepada Dukcapil yang menerima penghargaan kali ini, dirjen paling senior di jabatannya ini terus mengingatkan dan mewanti-wanti untuk tak mudah berpuas diri, harus terus berinovasi, dan membaca dengan baik laju maupun perubahan teknologi yang sangat cepat dan dinamis.

"Bagi teman-teman yang belum menerima penghargaan, masih ada waktu untuk berbenah untuk terus meningkatkan kemampuan inovasi untuk pelayanan yg lebih baik," ucap Dirjen Zudan.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto