logo

Royal Variasi: Permintaan Variasi Mobil Meningkat Sejak Juni

Royal Variasi: Permintaan Variasi Mobil Meningkat Sejak Juni

19 Juni 2021 22:00 WIB
Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Membaiknya perekonomian di tahun kedua pandemi Covid-19, mulai memberi harapan bagi para pelaku usaha. Pengusaha variasi mobil di Surabaya bahkan sudah mulai agresif menggarap pasar, menyusul kenaikan permintaan yang mulai terasa sejak Juni 2021.

Menurut Owner Royal Variasi Surabaya, Rizki Taufani, para pemilik mobil SUV dan sedan biasanya butuh penyegaran melalui serangkaian variasi mobil pada kendaraannya. "Tapi gara-gara Corona, minat mereka menyusut. Bahkan profit kami sempat minus hingga Rp100 juta selama 2020. Tapi beruntung, sekarang mereka sudah mulai berdatangan, ingin kendaraannya divariasi," ujarnya, Sabtu (19/6/2021).

Rizki yang membuka usaha di Jalan Tenggilis Lama IVB No 34 dan kawasan Pakal Surabaya sejak 2008 itu mengaku hanya mengandalkan promosi lewat media sosial seperti Facebook dan OLX untuk menggaet konsumen. Imbasnya, Royal variasi yang memiliki 25 orang karyawan ini konsumennya meluas bahkan hingga ke Pulau Dewata.

Hingga saat ini, layanan pemasangan kaca film dan peredam suara paling mendominasi dibanding  beragam jenis variasi mobil yang bisa mereka garap. Khusus untuk peredam suara, pihaknya mengaku sangat diuntungkan oleh mobil-mobil produk dari luar Jepang.

Dia memastikan, peredam suara sudah tidak dibutuhkan oleh mobil buatan Jepang yang sejak awal sudah bagus. "Pasar peredam suara mobil kami adalah para pemilik kendaraan keluaran Malaysia dan Tiongkok yang memamg peredamnya kurang bagus,' ujarnya.

Royal Variasi biasanya menggunakan peredam merk Automat atau Element dengan ketebalan 2 mm atau 3 mm yang dipasang  pada bagian plafon, full lantai, pointu-pintui dan lambung atas ban belakang. "Kami jamin, mobil anda akan teredam hingga 70 persen suaraya, karena kami hanya menggunakan produk berkualitas," ujarnya.

Sementara untuk kaca film, pihaknya mengandalkan produk dengan merk branded yang efektif menolak UV dan teduh saat berkendara. Dia kemudian menyebutkan merk Solargard Premium Black Phantom, Llumar Stratos dan Llumar Super Black, 3m Crystalline, 3m Black Beauty dan 3m Black Chrome.

Untuk memastikan kepuasan konsumen, pihaknya menyediakan garansi untuk peredam suara selama 2 tahun dan 3-7 tahun untuk produk kaca film. "Kami punya layanan panggilan. Sampai saat, hampir 80 persen konsumen kami meminta pekerjaan asesorisbya dikerjakan di rumah pemilik mobil yang bersangkutan," ujarnya.

Selain menngincar para pemilik mobil luar Jepang, layanan Royal Variasi juga banyak dipakai oleh pemilik mobil Expander untuk produk anti karat, Wulling untuk peredam, dan pemilik Innova Reborn untuk pemasangan kaca film solargard. Produknya diakui banyak diminati karena selalu mengutamakan faktor keamanan, kenyamanan dan estetika bagi penggunanya.

Royal Variasi juga menyediakan beragam perlengkapan variasi mobil lain seperti  audio mobil,  head lamp stop lamp, bekleed jok mobil dan salon mobil. Khusus untuk pemasangan kaca film, pihaknya memathok harga antara Rp 2,7 juta hingga Rp3 jutaan. Sedangkan untuk peredam dia memathok Rp100 ribu perlembar, yang setiap  mobil rata-rata membutuhkan sekitar 20-an lembar.***

Editor : Markon Piliang