logo

Ponco Sutowo: Atasi Krisis Persatuan, Tegakkan Pancasila Dan Bela Negara

Ponco Sutowo: Atasi Krisis Persatuan, Tegakkan Pancasila Dan Bela Negara

Kunjungan silaturahmi PP PPM kepada tokoh masyarakat yang juga pengusaha Ponco Sutowo, Kamis (17/6/2021).
17 Juni 2021 21:40 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Saat ini bangsa Indonesia dihadapkan pada masalah krisis persatuan. Kondisi ini diperparah dengan seringkali masyarakat disuguhi informasi tentang pertengkaran, tawuran, teror, dan bahkan konflik yang apabila dibiarkan dapat mengusik kedaulatan negeri ini.

Apalagi di era digital, di mana medsos sekarang ini, masyarakat mudah disulut oleh praktek de vide et impera( adu domba) melalui penyebaran berita hoax, situasi ini sangat memprihatinkan.

Hal itu disampaikan Pontjo Sutowo pengusaha sukses putra alm Ibnu Sutowo mantan dirut Pertamina di era Orba, ketika menerima kunjungan Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM), di kantornya di Tower 2 Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (17/6/2021).

"Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan, melainkan harus dicegah dan diantisipasi melalui menanamkan nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa," ujar Ponco Sutowo yang juga mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini.

Selain itu, kata Ponco, untuk mencegah adanya ancaman serius terhadap kedaulatan bangsa dan negara, sudah saatnya sikap Bela Negara mesti di massifkan dan sungguh sungguh di implementasikan dalam kehidupan masyarakat.

Terutama di kalangan generasi muda yang menangani pembelajaran maupun penanaman sikap mental bela negara mesti dari TNI/Polri. Bukan dari unsur lain, apalagi dari parpol, sama sekali tidak cocok kalau parpol yang menangani.

Sebab, parpol tidak memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti dimiliki TNI/Polri yang sudah terlatih dan memiliki kualitas sikap mental maupun jiwa bela negara yang sudah teruji.

"Nah, intinya jangan bertengkar, musuh sudah di depan mata, masa masih bertengkar saja, mari satukan visi, missi dalam suatu gerakan bela negara," katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum Pemuda Panca Marga (PPM) Berto Izaak Dako mengatakan bahwa kunjungan jajaran Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga didampingi Suryo Susilo, Sekretaris Dewan Pertimbangan Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga menemui Ponco Sutowo, untuk menjalin silahturahmi dan sekaligus menyampaikan pemakaian baret PPM serta sekaligus pemberian penghargaan kepada Ponco Sutowo sebagai tokoh masyarakat yang juga putra TNI alm Letjen TNI(Purn) Ibnu Sutowo.

Ponco Sutowo ini pernah berjasa telah mengupayakan pembangunan Gedung Veteran yang sekarang menjadi Kantor Pusat LVRI dan Sekretariat Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga.

Selain itu Ponco Sutowo juga banyak memberikan sumbangsih pikiran maupun tenaga bagi bangsa dan negara, terutama di kalangan generasi muda di negeri ini.

"Bagi PPM, beliau ini layak untuk mendapatkan pemakaian baret PPM, penyematan pin dan pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi maupun penghargaan atas jasa, dedikasi dan niat tulusnya terhadap PPM, LVRI maupun penegakkan nilai nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia," tutur Bertho Izaak Doko.

Setelah berdiskusi, acara di lanjutkan pemakaian baret PPM dan penyematan pin oleh Ketua Umum Pemuda Panca Marga kepada Ponco Sutowo, serta pemberian piagam penghargaan kepadanya, disampaikan oleh Delwan Noer Sekretaris Jenderal PP PPM.

"Saya sangat mengapresiasi dan sangat berterimakasih atas kunjungan maupun pemberian baret dan penghargaan dari Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga, mari kita atasi krisis Persatuan dengan menegakkan nilai-nilai Pancasila dan memasifkan sikap mental Bela Negara untuk mempertahankan kedaulatan serta kehormatan bangsa kita," kata Ponco. ***