logo

Nurul: GKSB DPR Dorong Rumania Jadikan Indonesia Penghubung Kawasan ASEAN

Nurul: GKSB DPR Dorong Rumania Jadikan Indonesia Penghubung Kawasan ASEAN

Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Rumania, Nurul Arifin
10 Juni 2021 10:27 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Legislator Senayan yang kini dipercaya sebagai Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Rumania, Nurul Arifin mengapresiasi pelaksanaan pertemuan antara Parlemen Indonesia dengan Parlemen Rumania.

Menurut Nurul, GKSB DPR RI telah mendorong potensi kerja sama kedua negara di bidang ekonomi, pariwisata, olahraga hingga budaya dan pendidikan. Dari sisi ekonomi, Srikandi Beringin ini menjabarkan mengenai opportunity bekerjasama dengan negeri di Benua Biru ini yang berpotensi menjadi pintu masuk bagi produk-produk Indonesia, terutama minyak sawit melalui pelabuhan di Rumania.

"Kita harapkan Rumania dapat menjadikan Indonesia sebagai hub ke kawasan ASEAN,” ujar anggota Komisi II yang sebelumnya di Komisi I ini saat menggelar pertemuan virtual dengan Ketua Grup Persahabatan Rumania-Indonesia Stefan Musoiu di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/6/2021) lalu.

Menurut Nurul, diplomasi parlemen yang dilakukan DPR RI sangat strategis dalam mendukung kemajuan hubungan bilateral kedua negara.

"Terlebih di negara yang peran parlemennya sangat menentukan arah bagi kebijakan pemerintah melalui legislasi, penganggaran, dan pengawasan,” tandas Waketum DPP Partai Golkar ini.

Tak hanya ekonomi, kata dia, dalam pertemuan tersebut juga membahas potensi kerja sama pariwisata mengingat Indonesia dan Rumania memiliki keindahan alam yang sangat menarik. Selain itu, GKSB DPR menilai Indonesia sangat terbuka untuk bisa menjajaki kerja sama di bidang budaya dan pendidikan.

“Di saat situasi sulit karena pandemi berskala global, maka kerja sama antar negara mutlak diperlukan. Mulai dari bilateral ataupun multilateral dengan melibatkan beragam kanal yang ada,” jelas wakil rakyat dari Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) ini.

Pada prinsipnya, GKSB DPR berkomitmen mendukung persahabatan dan kerja sama antara Parlemen Indonesia dengan Parlemen Romania di forum Inter-Parliamentary Union (IPU) dan forum-forum parlemen lainnya.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Rumania sendiri sudah terjalin cukup lama dan saling membutuhkan. Di mana dari sisi total perdagangan kedua negara hingga periode Agustus tahun 2020 saja mencatatkan nilai 101,37 juta dolar AS.

Sedangkan, dari jejak investasi asal Rumania di Indonesia dari sejak 2018- 2020 telah mencatatkan 11 proyek di berbagai sektor bisnis. Ekspor utama Indonesia ke Rumania meliputi karet mentah, coklat, kopi, teh, minyak kelapa sawit, rempah-rempah, produk elektronik dan suku cadangnya, berikut tekstil, kulit, serta bahan dasar plastik.

Sedangkan, impor utama Indonesia dari Rumania antara lain produk mesin, mineral dan kimia, metalurgi, peralatan perminyakan dan gas, serta peralatan industri. ***